Dark/Light Mode

Daya Saing Produk Kudu Ditingkatkan

Kemendag Dukung UMKM Pake Kemasan Siap Ekspor

Selasa, 13 Februari 2024 07:00 WIB
Wakil Menteri Perdagangan Wamendag Jerry Sambuaga.
Wakil Menteri Perdagangan Wamendag Jerry Sambuaga.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah terus berupaya mendorong penggunaan kemasan siap ekspor kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Daya saing produk Indonesia harus ditingkatkan.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan, penggunaan kemasan siap ekspor merupakan kunci keberhasilan dalam memperluas peluang ekspor ke negara-negara yang telah berha­sil dibuka akses pasarnya.

“Dalam upaya meningkatkan ekspor, sangat penting untuk selalu berupaya meningkatkan nilai dan fungsi suatu produk. Jadi, siap menghadapi persaingan di negara-negara pasar ekspor,” kata Jerry di Jakarta, Senin (12/2/2024).

Baca juga : Selain Beras, Ayam Dan Telur Juga Dijual Murah

Menurut Jerry, Kementerian Perdagangan (Kemendag) mem­beri dukungan penuh kepada eksportir Indonesia melalui ber­bagai program dan inisiatif.

Peningkatan ekspor memerlu­kan strategi komprehensif yang meliputi diversifikasi produk ekspor, peningkatan kualitas dan daya saing produk, serta per­luasan pasar ekspor ke negara-negara nontradisional.

Dia juga menekankan, pentingnya memperluas peluang ekspor ke negara-negara yang telah berhasil dibuka akses pasarnya.

Baca juga : Real Madrid Vs RB Leipzig, Los Blancos Pincang

Melalui kegiatan ini, Ke­mendag berupaya memberi­kan informasi dan dukungan kepada para pemula di dunia ekspor. Dengan begitu, mereka dapat memaksimalkan peluang pasar-pasar baru yang berpotensi tinggi.

Jerry mengajak semua pihak yang hadir, terutama para pelaku usaha pemula, bersama-sama mendukung program Kemendag mengoptimalkan upaya serta sumber daya untuk meningkat­kan ekspor Indonesia.

Selain itu, untuk meningkat­kan ekspor barang non minyak dan gas (non migas) yang me­miliki nilai tambah dan daya saing, Kemendag terus berusaha membantu pengusaha dengan membuka akses pasar melalui kerja sama perundingan perda­gangan di forum internasional.

Baca juga : SGA Moncer, Thunder Menang

Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Kemendag Krisna Ariza mengatakan, perlunya transfor­masi Sumber Daya Manusia (SDM) UMKM menuju Indo­nesia Emas 2045.

“Pemerintah mempersiapkan Indonesia Emas 2045 dengan cita-cita menjadikan masyarakat adil, makmur dan sejahtera,” kata Krisna.

Ada beberapa hal yang harus disiapkan untuk mewujudkan­nya. Pertama, perlu adanya transformasi SDM pada sektor UMKM.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.