Dark/Light Mode

Cegah Pemadaman Listrik Saat Nyoblos, Pj Gubernur Bangka Cek PLTU Air Anyir

Rabu, 14 Februari 2024 10:26 WIB
Penjabat Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Safrizal ZA (tengah) meninjau langsung PLTU Air Anyir Kabupaten Bangka, untuk memastikan pasokan listrik saat coblosan Pemilu 2024 aman dan lancar.
Penjabat Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Safrizal ZA (tengah) meninjau langsung PLTU Air Anyir Kabupaten Bangka, untuk memastikan pasokan listrik saat coblosan Pemilu 2024 aman dan lancar.

RM.id  Rakyat Merdeka - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Safrizal ZA meninjau langsung PLTU Air Anyir Kabupaten Bangka, untuk memastikan pasokan listrik saat coblosan Pemilu 2024 aman dan lancar.

"Upaya ini untuk memastikan suplai listrik di Pulau Bangka ini terjamin dan tidak ada gangguan sesuatu apapun, khususnya pasokan listrik, sehingga pelaksanaan Pemilu 2024 di 14 Februari dapat berjalan dengan lancar," kata Safrizal, Rabu (14/2/2024).

Menurut Safrizal, kemampuan listrik PLTU Air Anyir ini sebesar 180 megawatt, dimana pasokan listrik tersebut bersumber dari 50 megawatt dari jalur Sumatera dan 130 megawatt diproduksi dari pembangkit listrik Bangka.

Baca juga : Pj Gubernur Agus Fatoni Minta Kepsek Ciptakan Inovasi Maju dan Modern

"Kebutuhan kita 180 megawatt, berarti tetap gunakan listrik dengan hemat, karena pasokan listrik kita ini bersumber dari batu bara. Jadi, kita tetap menganjurkan kepada masyarakat untuk menghemat listrik," ujarnya.

Safrizal menjelaskan, sepanjang kondisi normal, dan tidak ada pemutusan transmisi dari Sumatra kemudian tidak ada bencana alam di Bangka Belitung maka suplai listrik ini aman.

Walaupun terdapat beberapa daerah yang tak terjangkau oleh PLN namun relatif aman.

Baca juga : Gerindra Bela Pj Gubernur DKI

"Ada beberapa daerah yang tak terjangkau, karena transmisi tak sampai ke sana, sehingga beberapa pulau kecil melalui inisiatif masyarakat setempat berswadaya menggunakan genset. Sementara untuk pulau yang agak besar, seperti Pulau Lepar sudah masuk jaringan listrik dengan Pulau Bangka," jelasnya.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Bangka Belitung (PLN UIW Babel) Mohammad Munief Budiman mengatakan, untuk Pulau Bangka sebagian besar sudah terjangkau aliran listrik.

Namun sisa di Pulau Belitung, khususnya di Pulau Ketapang dan Pulau Batun belum terjangkau, dan ia berencana memasukkan kedua pulau ini ke dalam program listrik desa.

Baca juga : Catatan Akhir Tahun, Pj Gubernur Sultra Fokus 5 Bidang Kesra

Guna menghadapi Pemilu 2024, kata Munief, PLN Bangka telah menyiapkan personel dengan peralatan dan material pengganti yang dialokasikan dibeberapa lokasi, diantaranya KPU Tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota, PPK, TPS.

Sementara di KPU, pihaknya akan menyiapkan genset dan UPS.

"Kita mengantisipasi gangguan alam saja, kondisi pasokan listrik kita aman. Alhamdulillah tidak ada yang rentan, semua daerah sudah masuk interkoneksi, Bangka interkoneksi Sumatera, Belitung juga dalam kondisi pembangkit yang memadai," ucap Munief.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.