Dark/Light Mode

Cegah Penyebaran Virus Monyet

Nurhayati Dorong Pemerintah Segera Mulai Vaksinasi

Kamis, 2 November 2023 09:50 WIB
Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PPP Nurhayati Effendi. (Foto: Istimewa)
Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PPP Nurhayati Effendi. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PPP Nurhayati Effendi mendorong vaksinasi untuk mencegah penyebaran kasus cacar monyet akhir-akhir ini.

Menurut Nurhayati, sapaanya, vaksinasi akan sangat efektif guna menangkal penyakit cacar monyet meski tidak 100 persen.

Hal tersebut disampaikan Nurhayati kasus cacar monyet di Jakarta yang semakin bertambah setiap harinya.

Teranyar, sudah 24 orang di DKI Jakarta yang terpapar kasus cacar monyet saat ini.

Baca juga : 2 Pasien Cacar Monyet Sudah Diisolasi, Dinkes Tangsel Minta Warga Nggak Panik

"Vaksinasi sangat efektif untuk menangkal penyakit cacar monyet meski tidak 100 persen," ujar Nurhayati dalam pesannya, Kamis (02/11/2023).

Nurhayati berharap, Pemerintah dapat segera melakukan vaksinasi untuk menangkal kasus cacar monyet. Selaras dengan itu, Nurhayati meminta, masyarakat dapat terus melaksanakan pola hidup bersih dan sehat.

"Maka saya mendorong Pemerintah untuk segera mengadakan vaksin untuk cacar monyet ini. Masyarakat pun harus melaksanakan pola hidup bersih dan sehat," imbau Nurhayati.

Nurhayati juga mengimbau masyarakat dapat menghindari kontak fisik dengan pasien cacar monyet. Nurhayati mengingatkan, masyarakat untuk meningkatkan imunitas tubuh dengan pola makan berigizi dan seimbang.

Baca juga : Refleksi Sumpah Pemuda, AMP Dorong Pemuda Aktif Berjuang Dan Jaga Budaya Bangsa

"Ini langkah pencegahan. Tentunya kita harus menghindari kontak fisik dengan pasien cacar monyet ini dan meningkatkan imunitas tubuh dengan pola makan yang bergizi seimbang," papar Nurhayati.

Nurhayati mengakui, Pemerintah sedianya telah banyak melakukan antisipasi terkait dengan penyebaran kasus cacar monyet. Nurhayati menegaskan, Kementerian Kesehatan atau Kemenkes sudah memberikan himbauan.

"Sudah banyak anjuran dan langkah yang dilakukan Pemerintah dalam antisipasi cacar monyet ini seperti banyaknya imbauan dari Kemenkes melalui laman Kemenkes. Tetapi lebih penting lagi adalah masyarakat harus cerdas melalukan pencegahan untuk tidak tertular," pungkas Nurhayati.

Diketahui, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mengkonfirmasi ada penambahan dua kasus cacar monyet monkeypox di Jakarta per Rabu (1/11) ini.

Baca juga : Waka BPIP: Kebijakan Dan Regulasi Harus Terintegrasi Nilai-nilai Pancasila

Dengan demikian, total kasus yang ditemukan sejak 2022, kini tercatat menjadi 24 kasus. Sebanyak 23 di antaranya adalah kasus positif aktif.

Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama mengatakan, dari total 24 kasus, satu di antaranya telah sembuh.

"Kasus positif total 24 orang. Kasus positif aktif 23 orang, positivity rate PCR 33 persen. Semua bergejala ringan, semua tertular dari kontak seksual, semua laki-laki usia 25-50 tahun," kata Ngabila.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.