Dark/Light Mode

Indonesia Bangga! Satelit Telekomunikasi Milik Telkom Segera Meluncur

Senin, 19 Februari 2024 16:15 WIB
Telkom akan meluncurkan Satelit Merah Putih 2, sebuah satelit High Throughput Satellite (HTS), melalui anak perusahaannya Telkomsat di Florida Amerika Serikat, Selasa 20 Februari 2024. (Foto: Istimewa)
Telkom akan meluncurkan Satelit Merah Putih 2, sebuah satelit High Throughput Satellite (HTS), melalui anak perusahaannya Telkomsat di Florida Amerika Serikat, Selasa 20 Februari 2024. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom akan meluncurkan Satelit Merah Putih 2, sebuah satelit High Throughput Satellite (HTS), melalui anak perusahaannya Telkomsat pada 20 Februari 2024 langsung dari Florida  Amerika Serikat atau 21 Februari 2024 waktu Indonesia.

Satelit ini telah siap untuk diluncurkan dan akan mengorbit di slot 113 BT setelah lepas landas dari Cape Canaveral, Florida, bersama roket Falcon 9 milik SpaceX.

Dengan kapasitas hingga 32Gbps, Satelit Merah Putih 2 dilengkapi dengan transponder aktif dari frekuensi C-band dan Kuband.

Baca juga : Kantongi Izin Baznas RI, Syarikat Islam Komit Kelola Zakat Secara Modern

Direktur Utama Telkom Indonesia, Ririek Adriansyah menyebut, satelit Merah Putih 2 ini akan menjadi tolak ukur perkembangan digitalisasi Indonesia dan memperkuat konektivitas untuk seluruh nusantara.

Bersama dengan anak perusahaannya, Telkomsat, Ririek berharap bahwa nantinya Satelit Merah Putih 2 ini akan mendukung pemerataan konektivitas di seluruh Indonesia.

Ia menyebut Satelit Merah Putih 2 siap melengkapi infrastruktur darat dan laut yang dimiliki Telkom dan meyakini bahwa pemerataan akses informasi akan mempercepat digitalisasi masyarakat di berbagai sektor.

Baca juga : Indonesia Memilih, Indonesia Menunggu

Hal ini disambut positif dengan Telkomsat sendiri yang menyasar bisnis backhaul dan antusiasme tinggi dari calon pelanggan korporat maupun operator VSAT yang ingin menggunakan layanan satelit ini dan akan menjadi peluang yang baik bagi kedua perusahaan.

Dengan hadirnya Satelit Merah Putih 2, Ririek Adriansyah menyatakan Telkom Indonesia berkomitmen menjadi pemimpin dalam layanan satelit di Indonesia.

"Langkah ini diharapkan akan meningkatkan konektivitas negara dan memperkuat kedaulatan digital Indonesia," pungkas Ririek.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.