Dark/Light Mode

Pengamat: Maruarar Sirait Tak Bisa Teruskan Legacy Keluarga

Rabu, 17 Januari 2024 18:34 WIB
Maruarar Sirait. (Foto)
Maruarar Sirait. (Foto)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hengkangnya politisi PDI Perjuangan Maruarar Sirait sebagai anggota PDI Perjuangan dinilai sebagai seleksi alam bagi kader yang sudah tak sejalan dan loyal dengan garis partai.

Itu karena, MaruaraR yang kerap disapa Ara, secara tegas mengaku sejalan dengan Jokowi yang mendukung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming dalam Pilpers 2024 mendatang.

"Dari internal barangkali PDIP juga merasa lega karena kemudian kader yang sudah tidak loyal sudah menyatakan dirinya keluar,” kata Pengamat politik, Selamat Ginting dalam keterangan tertulisnya, Rabu (17/1/24)

Diketahui, Ara merupakan anak salah satu politisi senior partai yakni mendiang Sabam Sirait. Ini menurut Ginting, juga mencerminkan Ara tidak bisa meneruskan legacy keluarganya yang besar di parti PDIP.

Baca juga : Amankan Suara Di Blora, Timnas AMIN Aktivasi Posko Gerakan Rakyat

“Sangat disayangkan, itu justru menunjukan Ara semakin jauh dari legacy keluarganya,” ujar ginting.

Maruarar Sirait sendiri menegaskan keluar dari PDIP karena ingin mengikuti langkah politik Jokowi.

Ara menganggap langkah Presiden Jokowi sesuai dengan pemikiran Bung Karno. Sering blusukan, memperhatikan rakyat, hidupnya sederhan, berani menghadapi radikalisme.

"Saya melihat figur Bung Karno ada di Jokowi," kata Ara, sapaan Maruarar Sirait. Ara menyebut sikap satu langkah kata dan perbuatan yang didengungkan Bung Karno. "Saya yakin Pak Jokowi mendukung pasangan Prabowo-Gibran," tegasnya.

Baca juga : Maruarar Sirait, Orang Kepercayaan Jokowi, Akhirnya Tinggalkan PDIP

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan DPP telah menerima laporan atas mundurnya Maruara Sirait sebagai kader. Hasto menyebut, Maruarar yang akrab disapa Ara itu sudah berhasil sebagai pengusaha.

“Terlebih dengan kondisi Pak Ara sekarang yang sudah semakin berhasil sebagai pengusaha. Beberapa foto Pak Ara dengan pengusaha menunjukkan keberhasilan itu,” kata Hasto dalam keterangan tertulis, Selasa, (16/1).

Sebelumnya, Pada akhir 2023, Ara memang sempat menjadi sorotan karena mengunggah foto makan malam bersama sejumlah orang terkaya di Indonesia.

Diketahui, konglomerat di Indonesia, yakni Sugianto Kusuma alias Aguan, Prajogo Pangestu, Frangky Wijadja, dan Boy Thohir makan malam bersama kemarin, Kamis (7/12/2023).

Baca juga : Ganjar Siap Berantas Tikus Berdasi Yang Sengsarakan Petani Tebu

Pertemuan antara para pengusaha kakap itu terjadi di kawasan SCBD, Jakarta. Kegiatan diunggah Maruarar Sirait melalui akun instagramnya.

"Sambil makan malam, kami berdiskusi dengan pengusaha senior yang sangat sukses, Pak Aguan, Pak Prajogo Pangestu, Pak Franky Wijaya dan Pak Boy Thohir," ujarnya dikutip, Jumat (8/12/2023).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.