Dark/Light Mode

Indonesia Vs Jepang

Siap Patahkan Samurai Biru

Rabu, 24 Januari 2024 07:00 WIB
Pesepak bola Timnas Indonesia Rafael William Struick. (Foto: Antara)
Pesepak bola Timnas Indonesia Rafael William Struick. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Indonesia akan bersua dengan tim kuat Jepang pada laga terakhir Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, malam ini. Duel ini menjadi penentu Tim Garuda lolos ke babak 16 besar.

Di laga tersebut, tim asuhan Shin Tae-yong ini perlu meraih hasil imbang untuk membuka peluang lolos ke babak 16 be­sar. Pasalnya, Indonesia saat ini menempati posisi kedua di klasemen sementara peringkat ketiga terbaik dengan koleksi tiga poin.

Indonesia dapat melaju ke fase gugur dengan catatan Oman, Suriah dan Palestina tidak me­nang pada pertandingan terakhir di grup masing-masing.

Baca juga : Sekjen Gerindra Pasang Target Kalahkan PKS Di Depok

Namun, menahan imbang Jepang bukan tugas mudah. Tim Samurai Biru adalah salah satu tim terbaik di kawasan Asia. Mereka langganan tampil di Piala Dunia dan kolektor gelar Piala Asia terbanyak dengan total empat kali juara pada edisi 1992, 2000, 2004 dan 2011.

Selain itu, situasi Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan makin sulit, setelah bek utama Jordi Amat mengala­mi cedera saat mengalahkan Vietnam 1-0 pada laga sebelum­nya. Pemain berusia 31 tahun itu menderita patah tulang hidung, sehingga mesti menjalani pen­gobatan.

Jordi diprediksi bisa tampil dengan menggunakan topeng. Meski begitu kondisi tersebut dapat mempengaruhi perfor­manya di lapangan.

Baca juga : 12 Mei 2024, Jemaah Haji Indonesia Mulai Diberangkatkan Ke Arab Saudi

Selain itu, Jepang juga dikabarkan mendapat sunti­kan kekuatan jelang lawan Indonesia. Winger andalan mer­eka, Kaoru Mitoma sudah mulai ikut berlatih, setelah absen pada dua laga awal karena cedera. Kehadiran pemain Brighton & Hove Albion itu menjadi sinyal bahaya untuk lini pertahanan Tim Merah Putih.

Dari segi materi pemain, Indonesia belum sebanding den­gan Jepang. Beberapa Pasukan Garuda memang berkarier di luar negeri, tetapi mayoritas tak masuk tim utama.

Tercatat hanya Jordi Amat (Johor Darul Ta’zim) dan Sandy Walsh (KV Mechelen) yang langganan tampil sebagai start­er di klub. Sisanya hanya men­jadi pemain pengganti.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.