Dark/Light Mode

Genjot Kinerja Perusahaan, PLN EPI Siapkan Lima Jurus Jitu

Rabu, 21 Februari 2024 11:29 WIB
Sekretaris Perusahaan PLN EPI Mamit Setiawan (tengah) dalam Press Briefing Corporate Exposure PLN EPI di Jakarta, pada Selasa (20/2/2024).
Sekretaris Perusahaan PLN EPI Mamit Setiawan (tengah) dalam Press Briefing Corporate Exposure PLN EPI di Jakarta, pada Selasa (20/2/2024).

RM.id  Rakyat Merdeka - Subholding PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) menyiapkan lima jurus jitu untuk menjamin terjaganya rantai pasok energi primer dan menjadikan PLN EPI sebagai perusahaan yang ternama.

Sekretaris Perusahaan PLN EPI Mamit Setiawan dalam Press Briefing Corporate Exposure PLN EPI di Jakarta, pada Selasa (20/2) menjelaskan, tahun ini PLN EPI menargetkan kinerja keuangan yang sehat dan juga bertumbuh.

Selain memperkuat lini bisnis rantai pasok energi primer yang ada saat ini, peningkatan pendapatan beyond kWh seperti sektor logistik energi juga akan menjadi fokus perusahaan pada 2024.

"Kami juga punya target untuk mengoptimalisasikan perkembangan portofolio baru. Di tambah lagi, kami juga akan masuk pada bisnis green melalui co-invesment untuk meningkatkan additional demand," kata Mamit. 

Baca juga : Teken Perjanjian Kinerja, Benny Ajak Pegawai BP2MI Ciptakan Budaya Transparansi

Dia menjelaskan, jurus jitu yang diambil perusahaan untuk merealisasikan target-target di tahun ini adalah melakukan berbagai kerja sama dan kolaborasi yang sudah dijalankan sejak akhir 2023 hingga awal tahun ini.

Seperti beker jasama dengan Jepang maupun bekerja sama dengan perusahaan asal UEA untuk pengembangan rantai pasok energi primer.

Kedua, penguatan suplai energi primer ke seluruh pembangkit. Saat ini, PLN EPI memiliki mandat untuk menjaga seluruh pasokan baik itu batubara, gas, BBM hingga biomassa ke pembangkit di level keamanan Hari Operasi Pembangkit (HOP).

"Saat ini, sudah tidak ada pembangkit yang kecukupan energi primernya di bawah 20 HOP. Berbagai penguatan seperti jaminan pasokan, keamanan alokasi energi primer terus kita perkuat, hingga seluruh pembangkit terjamin pasokan energinya," imbuh Mamit.

Baca juga : Lewat Event Kewirausahaan, Sekolah Tarakanita Pluit Gelar Program P5

Ketiga, tahun ini PLN EPI juga akan menekankan efisiensi biaya energi primer dengan perencanaan kebutuhan dan kepastian rantai pasok dengan biaya yang paling optimal.

Keempat, sesuai mandat holding, PLN EPI juga mengembangan usaha dengan menerapkan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG). Hal ini juga sejalan dalam mendukung transisi energi di Indonesia.

"Seperti pelibatan masyarakat di gunung kidul Yogyakarta dalam membuat eco-village atau desa berdaya energi untuk hutan energi. Ini juga menjadi salah satu implementasi prinsip ESG," kata Mamit.

Kelima, lanjut dia, PLN EPI juga melakukan penguatan tata kelola Human Capital.

Baca juga : Jokowi Siap Keluarkan Jurus-jurus Ini Nih...

"Hal ini untuk meningkatkan maturitas organisasi perusahaan yang didukung oleh proses bisnis yang excellent dan sesuai dengan Good Corporate Governance (GCG)," pungkas Mamit.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.