Dark/Light Mode

Perkuat Aspek Keselamatan, Seluruh Bandara AP II Gelar Apel Bulan K3 Nasional

Rabu, 21 Februari 2024 15:59 WIB
Bandara Angkasa Pura II. (Foto: Dok. AP II)
Bandara Angkasa Pura II. (Foto: Dok. AP II)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lalu lintas penerbangan di bandara PT Angkasa Pura II (AP II) semakin pulih dari pandemi Covid-19. Pada 2023, tingkat pemulihan (recovery rate) telah mencapai sekitar 88 persen dari kondisi normal di 2019.

Di tengah peningkatan lalu lintas penerbangan yang terus melaju, AP II bersama stakeholder juga semakin berkolaborasi erat guna menjaga kenyamanan, keselamatan, dan keamanan bagi penumpang pesawat di 20 bandara.

Sejalan dengan itu, pada 19-20 Februari 2024, AP II menggelar Apel Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional serta Pencanangan Ramp Safety Campaign (RSC) dan Terminal Safety Campaign (TSC). Apel digelar di Bandara Soekarno-Hatta dan dihadiri para stakeholder yakni Otoritas Bandar Udara Wilayah I, maskapai, ground handling, mitra kerja dan mitra usaha.

Direktur Operasi AP II Agus Haryadi mengatakan, pada Peringatan Bulan K3 Nasional 2024 ini, AP II menetapkan sub tema "Mari Kita Jaga Keberlangsungan Usaha Perusahaan dengan Penerapan Budaya K3 yang Berkelanjutan".

Baca juga : Lewat Event Kewirausahaan, Sekolah Tarakanita Pluit Gelar Program P5

“Apel Bulan K3 Nasional ini untuk menjamin terlaksananya keselamatan pekerja, stakeholder, dan pengguna jasa bandara. Kami berharap kesadaran seluruh pihak juga meningkat akan pentingnya penerapan sistem keselamatan kerja untuk mencapai tujuan zero accident,” ujarnya, seperti keterangan resmi, Rabu (21/2).

Di tengah peningkatan lalu lintas penerbangan pasca-pandemi, kata Agus, AP II harus tetap menjamin keselamatan dan kesehatan kerja di setiap lini sehingga dapat selalu memberikan kenyamanan bagi penumpang pesawat, dan berkontribusi terhadap perekonomian nasional.

Agus menambahkan, seluruh bandara AP II akan memastikan adanya peningkatan safety performance dan memenuhi acceptable level of safety. Melalui manajemen sistem keselamatan ini, AP II berupaya untuk mencapai zero accident bagi seluruh pekerja di bandara.

“Terpenting adalah bagaimana AP II dan stakeholder mampu lebih erat lagi dalam berkomunikasi, berkoordinasi dan berkolaborasi untuk mencapai tujuan zero accident. Bandara sebagai bagian dari industri penerbangan memiliki proses bisnis yang melibatkan teknologi tinggi harus selalu mengedepankan kolaborasi di antara stakeholder,” terangnya.

Ramp Safety Campaign & Terminal Safety Campaign

Baca juga : Tingkatkan Layanan Kesehatan, PTPN III Salurkan Bantuan Ambulan

Sejalan dengan Bulan K3 Nasional, bandara AP II juga menggelar inspeksi keselamatan yakni Ramp Safety Campaign (RSC) dan Terminal Safety Campaign (TSC). Di Bandara Soekarno-Hatta, RSC dan TSC ini digelar pada 20 Februari 2024 untuk memastikan seluruh fasilitas, perlengkapan dan peralatan dapat berfungsi baik dan optimal.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda mengatakan, RSC dilakukan di sisi udara (air side).

“Fokus dalam Ramp Safety Campaign adalah memastikan seluruh peralatan yang ada di air side dapat optimal dalam mendukung operasional penerbangan. Peralatan tersebut antara lain Ground Power Unit sebagai penyuplai kelistrikan pesawat, lalu baggage conveyor loader, aircraft towing tractor, dan lain sebagainya,” ujar Dwi.

Sedangkan Terminal Safety Campaign dilakukan di sisi darat (land side), mencakup antara lain inspeksi OPAL (operasi penertiban arus listrik) dan Inspeksi CHSE (cleanliness, Health, safety and Environment Sustainability).

Baca juga : Wapres Ucapkan Selamat Hari Pers Nasional

“Inspeksi keselamatan Terminal Safety Campaign ini mencakup pengecekan fasilitas keselamatan di terminal penumpang, seperti misalnya peralatan guna mendukung manajemen keselamatan terkait kelistrikan dan lain sebagainya,” jelas Dwi.

Inspeksi keselamatan RSC dan TSC ini akan dilakukan di seluruh bandara AP II guna memastikan aspek keselamatan dapat dijalankan dengan baik.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.