Dark/Light Mode

Contract Farming Sukses di Jakarta, Anies Akan Bawa ke Level Nasional

Minggu, 24 Desember 2023 14:38 WIB
Capres nomor urut 1, Anies Baswedan, mengunjungi petani di Desa Salakbrajo, Pekalongan, Jawa Tengah, Minggu (24/12). (Foto: Istimewa)
Capres nomor urut 1, Anies Baswedan, mengunjungi petani di Desa Salakbrajo, Pekalongan, Jawa Tengah, Minggu (24/12). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Capres nomor urut 1, Anies Baswedan, melanjutkan safari di Jawa Tengah dengan mengunjungi petani di Desa Salakbrajo, Pekalongan, Minggu (24/12). Dalam kesempatan tersebut, Anies mendengarkan keluhan dan aspirasi para petani. Utamanya, soal harga padi yang tidak stabil dan irigasi yang kerap bermasalah.

Untuk itu, Anies menawarkan konsep contract farming yang menjamin pembelian hasil panen agar harga stabil. "Hari ini kita akan memulai (contract farming) di sini. Jadi petani-petani punya rasa tenang selama menanam sampai panen," ujarnya.

Baca juga : Kuasai Panggung Debat, Anies Akan Raih Hasil Manis

Contract farming merupakan jaminan pembelian panen. Dengan begitu, para petani tidak perlu khawatir tentang hasil panennya nanti.

Anies menambahkan, konsep contract farming ini sukses diterapkan saat ia memimpin Jakarta pada 2017-2022. Berbagai kelompok tani bekerja sama dengan BUMD DKI, untuk menjamin keamanan pasokan ke Jakarta.

Baca juga : Cuaca Besok Jakarta Apakah Akan Hujan Atau Panas, Ini Prakiraan BMKG

Karena itu, Anies bertekad membawa cerita sukses ini untuk diterapkan di tingkat nasional jika ia terpilih jadi Presiden dalam Pilpres 2024.

Selain contract farming, di depan para petani, Anies juga menawarkan program untuk lansia. Seperti yang pernah dilakukannya saat menjabat sebagai Gubernur Jakarta.

Baca juga : TPD DKI Jakarta: Ganjar Sukses Yakinkan Rakyat Di Debat Perdana

"Dulu kami di Jakarta ada Kartu Lansia. Program ini nantinya akan membantu lansia memenuhi kebutuhan dasarnya," tutup Anies.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.