Dark/Light Mode

Tembus Rp 236 M, Laba WOM Finance 2023 Meroket

Jumat, 23 Februari 2024 17:00 WIB
WOM Finance. (Foto: Ist)
WOM Finance. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOM Finance) kembali menunjukkan kinerja gemilangnya pada tahun lalu.

Presiden Direktur WOM Finance, Djaja Suryanto Sutandar mengatakan, sampai dengan akhir Desember 2023, Perseroan berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 236 miliar. Jumlah tersebut meningkat 20 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 198 miliar. 

Peningkatan kinerja ini didorong oleh peningkatan penyaluran pembiayaan baru serta efisiensi biaya operasional yang berhasil dilakukan oleh Perseroan.

Baca juga : Transaksinya Tembus Rp 10,64 T, Bos Indodax: Industri Kripto RI Meroket

Menurut dia, dengan pengembangan digitalisasi layanan dan perluasan jaringan dibarengi dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia melalui pelatihan yang dilaksanakan secara berkesinambungan, telah berhasil membuat WOM Finance membukukan kinerja yang positif. 

Ini terlihat dari peningkatan penyaluran pembiayaan baru hingga akhir Desember 2023 sebesar Rp 5,8 triliun. Jumlah ini meningkat 28 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Kontribusi terbesar berada pada pembiayaan multiguna MotorKu dan MobilKu sebesar Rp 4,4 triliun, diikuti pembiayaan motor baru sebesar Rp 1,5 triliun.

Total ekuitas WOM Finance sendiri tercatat sebesar Rp 1,7 triliun. Nilai tersebut meningkat 12 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya sebesar Rp 1,5 triliun. Di akhir Desember 2023, Return on Assets (ROA) Perseroan tercatat sebesar 5,0 persen dengan Return on Equity (ROE) tercatat sebesar 15,0 persen.

Baca juga : Tembus Pasar Global, BTN Bawa UMKM Binaannya Ke China ASEAN EXPO 2023

Djaja menambahkan, Perseroan mencatatkan, pertumbuhan aset yang cukup baik mencapai Rp 6,6 triliun pada akhir Desember 2023. Jumlah tersebut meningkat 18 persen dibandingkan posisi Desember 2022 sebesar Rp 5,6 triliun.

Direktur Keuangan Perseroan, Cincin Lisa Hadi menambahkan, hingga akhir Desember 2023, Perseroan berhasil mendapatkan fasilitas pendanaan baru sebesar Rp 2,7 triliun dengan pinjaman bank sebesar Rp 1,7 triliun dan penerbitan Penawaran Umum Berkelanjutan Oligasi Berkelanjutan IV WOM Finance Tahap III Tahun 2023 sebesar Rp 1 triliun.

Ke depannya, Perseroan akan terus melakukan perbaikan secara berkesinambungan terhadap proses pengembangan potensi bisnis, menjaga kualitas portofolio yang sehat dan terus bertumbuh, serta memberikan pelayanan yang maksimal kepada konsumen.  

Baca juga : Aset Tembus Rp 30 Triliun, Bank DKI Jadi Bank Terbaik Versi BIFA 2023

“Kami akan terus menjaga momentum positif ini dengan meneruskan peningkatan produktivitas, efisiensi dan efektivitas operasional serta terus melakukan inovasi-inovasi baru,” tutup Djaja.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.