Dark/Light Mode

BCA Syariah Tawarkan Pembiayaan Murabahah Emas

Senin, 4 Maret 2024 13:01 WIB
BCA Syariah menawarkan solusi kebutuhan perbankan syariah untuk nasabah BCA dan masyarakat melalui ragam solusi pembiayaan konsumer. (Foto: Dok. Ilustrasi BCA)
BCA Syariah menawarkan solusi kebutuhan perbankan syariah untuk nasabah BCA dan masyarakat melalui ragam solusi pembiayaan konsumer. (Foto: Dok. Ilustrasi BCA)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank BCA Syariah (BCA Syariah) menawarkan solusi kebutuhan perbankan syariah untuk nasabah BCA dan masyarakat melalui ragam solusi pembiayaan konsumer seperti pembiayaan Emas iB (Islamic Bank), KPR iB, dan KKB iB.

Kepala Satuan Kerja Bisnis Ritel dan Konsumer BCA Syariah Bukit Mas Siahaan memberikan edukasi kepada media mengenai produk pembiayaan konsumer BCA Syariah, dan pentingnya memulai investasi emas atau logam mulia, sebagai alternatif instrumen investasi jangka panjang dengan likuiditas yang tinggi.

“Menangkap kebutuhan masyarakat akan produk investasi yang aman di tengah ketidakpastian ekonomi, BCA Syariah menawarkan produk pembiayaan Emas iB,” jelas Bukit, Senin (4/3/2024).

Emas iB merupakan produk pembiayaan dari BCA Syariah untuk kepemilikan logam mulia (emas) dengan akad jual beli/murabahah.

Keunggulan investasi pembiayaan Emas iB yakni, aman, karena jenis emas yang dibiayai adalah logam mulia Antam dan disimpan dengan aman di BCA Syariah hingga akhir pembiayaan, angsuran tetap yang dapat disesuaikan dengan kemampuan keuangan, dan kemudahan proses pengajuan pembiayaan dengan same day approval.

Baca juga : Program Sampah Kita Pertamina, Ubah Sampah Jadi Cuan

Ia menjelaskan, perbedaan dari skema pembiayaan emas dan menabung emas. Ia menyampaikan bahwa pada skema pembiayaan, emas dibeli dengan jumlah, harga dan jangka waktu yang pasti karena sudah disepakati sejak awal pembiayaan hingga jatuh tempo.

Sementara pada skema menabung emas, jumlah emas yang dimiliki disesuaikan dengan saldo yang dititipkan, nilai emas mengikuti harga pasar sehingga berpotensi menyebabkan ketidakpastian anggaran investasi yang harus disisihkan untuk kepemilikan logam mulia.

Melalui skema pembiayaan, katanya, kepemilikan emas akan lebih mudah dan aman. Nasabah dapat menyesuaikan jumlah emas yang diinginkan. Bebas dari rasa khawatir dengan kenaikan harga emas di masa mendatang karena angsuran yang tetap hingga jangka waktu pembiayaan berakhir.

“Pembiayaan emas akan menimbulkan habit disiplin menabung dan dapat menjadi solusi untuk perencanaan keuangan generasi muda,” kata Bukit.

Pada BCA Expoversary, BCA Syariah menawarkan solusi kemudahan untuk kepemilikan logam mulia Antam mulai dari 10gram dengan angsuran mulai dari Rp200 ribuan, dengan jangka waktu pembiayaan mulai 1 sampai 5 tahun. BCA Syariah juga menghadirkan promo DP 10 persen dan same day approval untuk kepastian persetujuan pembiayaan.

Baca juga : BCA Syariah Tingkatkan Pembiayaan Konsumer di BCA Expoversary 2024

Meningkatnya minat masyarakat untuk berinvestasi melalui pembiayaan Emas iB terlihat pada nominal portofolio pembiayaan Emas iB yang tumbuh 27,8 persen secara tahunan (year on year/yoy) di akhir Desember 2023.

Dilihat dari sisi jumlah account, pembiayaan Emas iB cukup digemari tercermin dari pertumbuhannya yang signifikan sebesar 53,5 persen yoy mencapai 3.781 account per Desember 2023.

Nasabah pembiayaan emas di BCA Syariah mayoritas berada di rentang usia 25-50 tahun menunjukkan bahwa pembiayaan Emas iB cukup digemari oleh nasabah mulai dari usia yang relatif muda yaitu 25 tahun.

Hal ini sejalan dengan keunggulan dari pembiayaan Emas iB itu sendiri yang membutuhkan komitmen dana awal relatif terjangkau karena emas bisa dibeli mulai dari kepingan 10 gram, angsuran yang ringan, serta risiko yang rendah, sehingga sangat sesuai bagi generasi muda yang sedang belajar berinvestasi.

Selain itu, di BCA Expoversary 2024 kali ini, BCA Syariah kembali menghadirkan solusi pembiayaan untuk kepemilikan rumah dan kendaraan dengan pilihan margin yang menarik.

Baca juga : Chandra Asri Targetkan Pembangunan Pabrik Bahan Baku Baterai EV Selesai 2027

“BCA Syariah memberikan kepastian angsuran hingga 15 tahun untuk pembiayaan rumah melalui KPR iB dengan margin setara mulai dari 3,67 persen efektif per tahun,” jelasnya.

KPR iB BCA Syariah juga memiliki fitur untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan konsumtif dengan jaminan rumah tinggal atau ruko melalui KPR iB Refinancing.

Selain itu terdapat pilihan KPR iB Take Over sebagai solusi untuk kemudahan pemindahan pembiayaan rumah dari bank manapun ke BCA Syariah.

Sementara itu, untuk solusi pembiayaan kepemilikan mobil, BCA Syariah menghadirkan KKB iB. KKB iB dari BCA Syariah memberikan cicilan pasti dengan jangka waktu yang Panjang sampai dengan delapan tahun dengan margin mulai dari 3,13 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.