Dark/Light Mode

Bank Mega Syariah Pastikan Terapkan RAC dalam Pengelolaan Pembiayaan

Sabtu, 10 Februari 2024 14:30 WIB
Bank Mega Syariah telah menetapkan Risk Acceptance Criteria (RAC) untuk pengelolaan pembiayaan secara bankwide. (Ilustrasi Bank Mega Syariah)
Bank Mega Syariah telah menetapkan Risk Acceptance Criteria (RAC) untuk pengelolaan pembiayaan secara bankwide. (Ilustrasi Bank Mega Syariah)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Mega Syariah telah menetapkan Risk Acceptance Criteria (RAC) untuk pengelolaan pembiayaan secara bankwide. RAC khusus juga diterapkan untuk sektor-sektor industri tertentu yang menjadi fokus bisnis pembiayaan Bank Mega Syariah.

Bank Mega Syariah menerapkan pengelolaan risiko yang didasarkan pada SE OJK no. 25/SEOJK.03/2023 dan Basel Accord serta market best practice.

“Sebagai lembaga intermediasi, risiko terbesar yang dihadapi bank adalah risiko kredit atau pembiayaan,” kata Risk Management Division Head Bank Mega Syariah Rundi Derma Perkasa dalam keterangan resmi, Sabtu (10/2/2024).

Rundi menekankan, manajemen risiko menjadi salah satu aspek terpenting dalam operasional bank. Di tengah volatilitas pasar, bank harus memahami risiko yang mereka hadapi dan mengembangkan strategi yang efektif untuk mengelolanya.

“Kegagalan dalam mengelola risiko dapat memiliki konsekuensi yang serius, bahkan hingga menutup operasi bank secara keseluruhan,” ujarnya.

Baca juga : Partai Buruh Mau Perjuangkan Keresahan Rakyat Di Senayan

Ia mengungkapkan, pada proses pemberian pembiayaan, Bank Mega Syariah menilai risiko berdasarkan prinsip 5C, yaitu character atau integritas nasabah, capacity yaitu kemampuan membayar, capital atau modal nasabah, collateral yaitu agunan, dan condition atau prospek usaha.

“Selain itu, bank menerapkan four eyes principle, dimana pemberian pembiayaan melibatkan dua unit kerja yang memiliki fungsi bisnis dan risiko,” kata Rundi.

Ia menjelaskan, pengelolaan risiko yang baik tercermin dari penilaian parameter-parameter risiko yang sesuai atau lebih baik dari appetite yang telah ditetapkan.

Salah satunya adalah rasio non performing financing (NPF). Selain itu, modal bank harus menjadi perhatian untuk menyerap potensi kerugian yang mungkin timbul.

Per akhir Desember 2023, NPF gross Bank Mega Syariah berada pada tingkat yang rendah, yaitu 0,98 persen. Bila dibandingkan dengan peer groups, NPF Bank Mega Syariah merupakan salah satu yang terendah.

Baca juga : Banding, Caleg Kampanye Libatkan Anak Divonis 6 Bulan, Masa Percobaan 1 Tahun

Rendahnya tingkat NPF ini mencerminkan penerapan manajemen risiko kredit yang baik.

“Selain itu, capital adequacy ratio (CAR) Bank Mega Syariah per Desember 2023 sebesar 30,86 persen, jauh di atas minimum yang ditetapkan sesuai ketentuan,” terang Rundi.

Selain risiko kredit, risiko operasional menjadi fokus utama yang harus diperhatikan bank, diantaranya terkait perubahan teknologi dan keamanan informasi.

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi informasi dan meningkatnya ancaman keamanan cyber, Bank Mega Syariah telah mengambil langkah-langkah proaktif untuk mengantisipasi dan mengelola risiko terkait.

Salah satu langkah yang diambil adalah melakukan pengujian sistem dan aplikasi secara berkala untuk memastikan keandalan, kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan data yang digunakan oleh bank.

Baca juga : Bangun Interaksi Masyarakat, TASPEN Dongkrak Kompetensi Pengelolaan Medsos

“Kemudian, efektivitas rencana keberlangsungan bisnis dan rencana pemulihan yang telah disusun juga diuji secara berkala,” ujarnya.

Berkat pengelolaan manajemen yang risiko yang sangat baik, Bank Mega Syariah sukses meraih penghargaan ‘The Best indonesia Enterprise Risk Management VI 2024,’ untuk kategori bank syariah dalam ajang Indonesia Enterprise Risk Management VI Award 2024 yang diselenggarakan oleh Economic Review.

Penghargaan ini sukses diraih bank Mega Syariah untuk keempat kalinya dan menjadi satu-satunya yang menerima penghargaan tersebut untuk kategori bank syariah pada tahun ini.

“Semoga melalui prinsip good corporate governance dan manajemen risiko yang kuat, Bank Mega Syariah dapat terus berkembang dan melanjutkan kinerja positif di tahun ini,” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.