Dark/Light Mode

BRI Microfinance Outlook 2024

Kontribusi Pemerintah Untuk KUR Rp 46 T, Jokowi: Kalau Dibikin Waduk, Jadi 40

Kamis, 7 Maret 2024 16:15 WIB
Presiden Jokowi, saat membuka acara BRI Microfinance Outlook 2024 di Jakarta, Kamis (7/3/2024). (Foto: YouTube)
Presiden Jokowi, saat membuka acara BRI Microfinance Outlook 2024 di Jakarta, Kamis (7/3/2024). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menegaskan, pemerintah aktif memberdayakan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) melalui bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR), dengan dana yang tidak sedikit: Rp 46 triliun. Kalau dibelanjakan untuk bikin waduk, bisa jadi 40 waduk.

"Pemerintah juga ikut (membangun UMKM). Jangan keliru, untuk KUR. Tahun ini, subsidi pemerintah untuk KUR mencapai Rp 46 triliun. Agar bunganya bisa turun di angka 3 persen untuk usaha mikro dan usaha kecil 6 persen," beber Jokowi, saat membuka acara BRI Microfinance Outlook 2024 di Jakarta, Kamis (7/3/2024).

Baca juga : Kembali Diselenggarakan, BRI Microfinance Outlook 2024 Angkat Strategi Memperkuat Inklusi Keuangan Untuk Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan

"Jangan dipikir itu angka kecil. Rp 46 triliun itu angka gede. Kalau dibuat waduk, jadi 40 waduk," tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga mengapresiasi nasabah UMKM melalui Holding Usaha Mikro (UMi) yang kini telah mencapai 8,2 juta. Batas kreditnya Rp 10 juta.

Baca juga : Biaya Pembangunannya Rp 40 M, Jokowi Ingin Masjid Negara IKN Jadi Contoh Dunia

Serta nasabah PNM Mekaar dengan plafon kredit Rp 500 juta, yang saat ini sudah berjumlah 15,2. Padahal pada tahun 2015, nasabah PNM Mekaar baru 400 ribu. 

Jokowi menyebut, jumlah nasabah yang melonjak pesat itu telah mengalahkan Grameen Bank yang didirikan bankir asal Bangladesh, Muhammad Yunus. Untuk diketahui, jumlah nasabah Grameen Bank pada tahun 2016 - saat menerima Nobel - hanya 6,5 juta.

Baca juga : Ini Momen Unik Saat Jokowi Kawal Mahfud Di Madura

"Ini seharusnya Pak Dirut Sunarso dapat Nobel. Yang 6,5 juta saja dapat," cetus Jokowi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.