Dark/Light Mode

Dukung Visi Jakarta, Bank DKI Konsisten Jalankan ESG

Kamis, 7 Maret 2024 20:45 WIB
Nasabah sedang melakukan transaksi di ATM Bank DKI
Nasabah sedang melakukan transaksi di ATM Bank DKI

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank DKI konsisten menerapkan sistem keuangan berkelanjutan dengan terus mengintegrasikan prinsip Environmental, Social dan Governance (ESG). Hal ini untuk mendukung visi keberlanjutan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 

Atas kinerjanya, Bank DKI meraih penghargaan dari B-Universe dalam kategori ESG Recognized Commitment di Jakarta Selasa (27/2).

Direktur Kepatuhan Bank DKI, Ateng Rivai menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas penghargaan yang diberikan.

Baca juga : Dukung Jakarta Global City, Sinergi BUMD DKI Terus Ditingkatkan

“Apresiasi ini wujud komitmen kami dalam mengintegrasikan faktor lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan (ESG) ke dalam keputusan keuangan, termasuk didalamnya peningkatan transparansi dalam laporan keuangan,” ujar Ateng dalan keterangannya, Kamis (7/3).

Ia mengatakan, keberhasilan Bank DKI dalam meraih Penghargaan ESG Reconized Commitment tersebut didasarkan pada sejumlah indikator penilaian, yakni berdasarkan dekomposisi risiko ESG dan skoring ESG report yang dilakukan oleh Litbang Investor Daily dengan dewan juri independen dan ahli di bidang ESG. 

Dalam kesempatan berbeda, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono mengatakan, dengan penerapan ESG, Bank DKI memiliki peran strategis sebagai agen perubahan dalam mendukung visi keberlanjutan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 

Baca juga : Dukung Bisnis Berkelanjutan, LPKR Komit Tingkatkan Ketahanan Iklim

”Bank DKI tidak hanya berperan sebagai entitas bisnis semata, namun juga mengemban tanggung jawab dalam pelayanan publik dengan terus mengimplementasikan program keuangan berkelanjutan dengan menghadirkan inovasi produk dan layanan yang mendukung terhadap lingkungan, ekonomi, sosial, dan masyarakat,” ujar Amirul.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi menambahkan keberhasilan Bank DKI dalam raihan penghargaan menunjukkan komitmen terhadap prinsip ESG, salah satunya dilakukan melalui program CSR unggulan, yakni Jakarta Koperasi Hidroponik (JAKONIK).

“Sebagai CSR unggulan Bank DKI, JAKONIK diharapkan dapat memberikan manfaat signifikan bagi komunitas sekitar dengan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan memberdayakan perekonomian lokal. Keberhasilan JAKONIK terbukti mampu membantu mengurangi kesenjangan sosial dan meningkatkan kualitas hidup secara menyeluruh,” tutup Arie.

Baca juga : Masuk 3 Besar Di Jakarta, PSI Optimistis Tembus Ke Senayan


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.