Dark/Light Mode

Bangun Interaksi Masyarakat, TASPEN Dongkrak Kompetensi Pengelolaan Medsos

Selasa, 6 Februari 2024 16:07 WIB
Bangun Interaksi Masyarakat, TASPEN Dongkrak Kompetensi Pengelolaan Medsos

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (TASPEN) (Persero) terus berupaya meningkatkan kepercayaan publik melalui beragam inovasi. Antara lain, dengan memanfaatkan saluran komunikasi terkini.

Untuk mengoptimalkan upaya ini, TASPEN turut berkontribusi dalam kegiatan “Workshop Influencer 1.000 Manusia Bercerita” di Hotel Merusaka, Nusa Dua, Bali, 1 – 3 Februari 2024.

Kegiatan ini dihadiri oleh 300 peserta yang terdiri dari pimpinan BUMN Cabang Bali, CEO & CFO Rumah BUMN setempat, dan influencer BUMN Bali serta wilayah Nusa Tenggara.

Kegiatan yang diinisiasi Kementerian BUMN ini ditujukan untuk memaksimalkan potensi karyawan influencer perusahaan BUMN. Serta meningkatkan kompetensi pengelolaan media sosial, untuk mengamplifikasi konten atau berita mengenai BUMN.

Terkait hal ini, Direktur Utama TASPEN ANS Kosasih mengatakan, pihaknya memahami pentingnya komunikasi yang erat dan terjalin dengan baik dengan masyarakat.

"Seiring berkembangnya teknologi komunikasi, rekan-rekan influencer diharapkan dapat menciptakan koneksi emosional dengan seluruh stakeholders," kata ANS Kosasih dalam keterangannya, Selasa (6/2/2024).

Baca juga : Gibran, Cawapres dengan Interaksi Tertinggi di Media dan Seluruh Medsos

Pernyataan tersebut sejalan dengan Menteri BUMN Erick Thohir, yang menyoroti peran penting karyawan influencer dalam menjembatani hubungan perusahaan BUMN dengan masyarakat.

TASPEN menjadikan influencer BUMN sebagai kekuatan positif, dalam membangun jalinan interaksi yang lebih kuat dengan publik di era digital.

Kegiatan yang merupakan bagian dari “Program Influencer BUMN” ini juga dilaksanakan di 8 kota lainnya, antara lain Medan, Palembang, Bandung, Malang, Yogyakarta, Balikpapan, dan Makassar. Dengan menghadirkan sejumlah pembicara, seperti Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga, penulis Dewi Lestari, Co-founder Zando.id Tommy Surya Teja, dan konten kreator Reynaldi Francois.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan aktualisasi diri karyawan yang menjadi influencer. Serta menegaskan peran mereka dalam memajukan bisnis perusahaan, dan membantu mendekatkan perusahaan dengan masyarakat.

Selain mendapatkan pengetahuan mengenai storytelling, wawasan media sosial, dan struktur konten dari seluruh pembicara, para peserta berkesempatan melakukan pelatihan dengan membuat konten menarik dan kreatif terkait Pelabuhan Benoa Pelindo, Kawasan Mangrove CSR binaan PLN, dan PLTS Terapung.

Di hari terakhir, peserta melakukan sesi olahraga fun run beserta games hiburan.

Baca juga : Pesta Demokrasi, Masyarakat Harus Tetap Damai Di Dunia Digital

Melalui Staf Khusus III Kementerian BUMN, Arya Sinulingga, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, karyawan BUMN yang bertindak sebagai influencer bisa menciptakan keterlibatan dan dukungan publik dalam membangun reputasi, citra, dan brand perusahaan.

Informasi yang disampaikan karyawan melalui media sosial, menjadi sumber yang dapat dipercaya dan membentuk pandangan masyarakat.

"Sangat krusial bagi BUMN untuk memelihara dan mengembangkan peran karyawan sebagai influencer. Dukungan untuk mereka juga dapat dilakukan lewat pelatihan, menyediakan materi seperti aset visual, video dan panduan untuk diunggah. Pengakuan kontribusi mereka terhadap BUMN, tentunya juga menjadi hal penting," papar Arya.

Berdasarkan data dari Kementerian BUMN, tingkat kepercayaan publik terhadap karyawan BUMN mencapai 77 persen.

"Karyawan BUMN yang berperan sebagai influencer dapat menciptakan keterlibatan dan dukungan publik, yang berkontribusi untuk membangun reputasi, citra, dan brand perusahaan," tutur Erick.

Informasi yang diteruskan oleh karyawan melalui media sosial, dianggap sebagai sumber yang dapat dipercaya dan membentuk pandangan masyarakat.

Tentang PT TASPEN (Persero)

Baca juga : Duh, Alat Kampanye Penuhi Flyover Dan JPO

PT TASPEN (Persero) atau Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pejabat Negara.

Berdiri sejak 17 April 1963, PT TASPEN (Persero) turut berperan aktif dalam kesejahteraan sosial, khususnya bagi ASN di Indonesia. PT TASPEN (Persero) saat ini memiliki beberapa produk dan layanan, yakni Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Program Jaminan Kematian (JKM), Program Tabungan Hari Tua (THT), dan Program Pensiun.

PT TASPEN (Persero) saat ini merupakan The First Chairman of Asian Civil Service Pension Association (ACSPA) atau Ketua Asosiasi Penyelenggara Jaminan Sosial bagi Aparatur Sipil Negara pertama di Asia yang beranggotakan Penyelenggara Jaminan Sosial bagi ASN dari berbagai negara di Asia. Antara lain Indonesia, Korea Selatan, Filipina, Malaysia, Thailand, dan Kamboja.

PT TASPEN (Persero) mengedepankan kenyamanan dan keselamatan peserta dengan menerapkan layanan digital berupa TASPEN PESONA (Tanggap Andal Selamatkan Pensiunan dengan Pelayanan Bebas Corona), yakni layanan berbasis daring yang meliputi TOOS (TASPEN One-hour Online Service), layanan E-Klim, Tcare, dan Otentikasi Digital.

Sebagai kanal informasi dapat menghubungi Call Center 1500919, kunjungi laman website official www.TASPEN.co.id, tcare.TASPEN.co.id , dan seluruh sosial media resmi milik PT TASPEN (Persero).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.