Dark/Light Mode

Berkelakar “Bukan Saya Suka Mama Muda”

Jokowi Senyum, Hadirin Tepuk Tangan

Jumat, 8 Maret 2024 08:40 WIB
Presiden Jokowi saat pembukaan BRI Microfinance Outlook 2024 di Menara BRILiaN, Jakarta, Kamis (7/3/2024). (Foto: Biro Pers)
Presiden Jokowi saat pembukaan BRI Microfinance Outlook 2024 di Menara BRILiaN, Jakarta, Kamis (7/3/2024). (Foto: Biro Pers)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada yang menarik saat Presiden Jokowi membuka agenda BRI Microfinance Outlook 2024 di Jakarta, Kamis (7/3/2024). Jokowi sempat menyampaikan kelakar soal “mama muda” yang membuat hadirin tertawa lebar dan tepuk tangan.

Cerita bermula saat Jokowi mengenalkan kerupuk rajungan “Mama Muda” sebagai salah satu contoh produk UMKM yang berhasil menembus pasar impor.

Di atas podium, Jokowi menunjukkan produk tersebut kepada hadirin. Mantan Wali Kota Solo itu, mengangkat produk tersebut dengan tangan kanannya. Jokowi memuji, bukan hanya pengemasannya yang modern, cara memberi nama merek produk tersebut, juga bagus.

Baca juga : Pengeluaran Dana Kampanye: Anies 49 M, Prabowo 208 M, Ganjar 506 M

“Nama kerupuknya bagus sekali, Mama Muda. Bagus sekali. Saya senang, betul,” kata Jokowi, disambut tawa hadirin.

“Bukan saya senang Mama Muda. Ndak. Cara memberi namanya bagus sekali. Kerupuk Rajungan Mama Muda,” sambung Jokowi memberi penegasan sambil tersenyum. Hadirin kembali tepuk tangan dan tertawa.

Setelah itu, pidato Jokowi kembali serius. Tidak ada lagi kelakar-kelakar yang mengocok perut hadirin.

Baca juga : 01 Dan 03 Saling Tunggu, Angket Jalan Di Tempat

Jokowi melanjutkan, dulu, kerupuk rajungan seperti ini hanya dikemas dengan plastik biasa. Dijual dengan dijajakan berkeliling. Kini, kerupuk rajungan sudah diberi kemasan yang baik. Dan sudah bisa dijual di ritel-ritel modern.

“Meskipun belum semuanya packagingnya seperti ini,” katanya.

Menurut Jokowi, sebanyak 40 persen nasabah UMKM di Indonesia telah berhasil membuat kreasi bentuk kemasan yang menarik. Sehingga tidak hanya masuk pasar domestik, tapi juga merambah ke pangsa pasar internasional.

Baca juga : JK: Oposisi = Kecelakaan, Semua Partai Maunya Berkuasa

Selain Mama Muda, Jokowi juga menunjukkan produk UMKM sambal bawang bermerek Lontara. Kata Jokowi, produk tersebut dikembangkan melalui pinjaman modal awal senilai Rp 5 juta dan kini mampu menembus pasar ekspor di Brunei Darussalam dan Malaysia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.