Dark/Light Mode

Berkelakar “Bukan Saya Suka Mama Muda”

Jokowi Senyum, Hadirin Tepuk Tangan

Jumat, 8 Maret 2024 08:40 WIB
Presiden Jokowi saat pembukaan BRI Microfinance Outlook 2024 di Menara BRILiaN, Jakarta, Kamis (7/3/2024). (Foto: Biro Pers)
Presiden Jokowi saat pembukaan BRI Microfinance Outlook 2024 di Menara BRILiaN, Jakarta, Kamis (7/3/2024). (Foto: Biro Pers)

 Sebelumnya 
Jokowi menjelaskan, produk-produk UMKM yang ditembakkan tersebut didapat seusai melakukan kunjungan kerja ke sejumlah daerah untuk bertemu dengan para nasabah PNM Mekaar yang kini mencapai 15,2 juta orang di seluruh Indonesia. Mama Muda adalah binaan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Jokowi pun menyimpulkan PNM Mekaar telah berhasil menciptakan perbaikan produk UMKM, mulai dari pembiayaan hingga kemasan. Ia pun mendorong peran perbankan untuk memperkuat daya saing produk UMKM dalam negeri di pasar ekspor.

Kata Jokowi, Mama Muda dan Sambal Bawan Bawang Lontara merupakan bentuk kekuatan usaha kecil mampu memberikan kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 61 persen. Tak hanya itu, Jokowi menyebut UMKM juga menyerap 97 persen tenaga kerja.

Baca juga : Pengeluaran Dana Kampanye: Anies 49 M, Prabowo 208 M, Ganjar 506 M

“Saya sangat menghargai diadakannya acara BRI Microfinance di setiap tahun. Ini kita bisa mendapatkan arah mana strategi apa yang harus kita bangun agar UMKM kita betul-betul bisa berdaya saing, bisa berkompetisi dengan negara-negara lain,” sebut dia.

Terpisah, Ketua Umum Assosiasi Industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (Akumandiri) Hermawati Setyorinny memuji kerja pelaku UMKM Mama Muda yang memanfaatkan branding Jokowi untuk pemasaran. “Menurut saya promosi branding produk adalah langkah cerdas dari pelaku UMK yang tahu strategi marketing,” jelas Hermawati kepada Rakyat Merdeka, Kamis (7/3/2024).

Kendati demikian, dia berharap Jokowi bukan cuman mempromosikan, tapi juga memberikan penghargaan kepada pelaku UMKM yang berpikir kreatif dalam mengemas produknya.

Baca juga : 01 Dan 03 Saling Tunggu, Angket Jalan Di Tempat

“Justru saya harap Pemerintah bisa memberikan reward bagi mereka UMK yang bisa menaikkan kelas produk atau usahanya, misalnya dengan memberikan modal untuk pengembangan usaha dan perluas marketnya,” harap dia.

“Termasuk, lebih banyak Pemerintah memberikan pelatihan pendidikan bagi UMK yang belum mempunyai pengetahuan tentang branding produk,” sambungnya.

Rupanya, gurauan Jokowi yang menyebut dirinya tidak suka mama muda turut dikomentari warganet. “Oh saya kira mereknya “Mama Iriana,” kelakar @aharisth. “Kerupuk rajungan Mama Muda haha,” ucap @SepertiJokowi.

Baca juga : JK: Oposisi = Kecelakaan, Semua Partai Maunya Berkuasa

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat, 8 Maret 2024 dengan judul Berkelakar “Bukan Saya Suka Mama Muda”, Jokowi Senyum, Hadirin Tepuk Tangan

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.