Dark/Light Mode

Pelaku UMKM Sambut Antusias Program Z-Ifthar Ramadan Baznas

Kamis, 21 Maret 2024 22:47 WIB
Pimpinan Baznas Bidang Transformasi Digital Nasional, Prof Nadratuzzaman Hosen meninjau gerai UMKM Z-Ifthar Ramadan di Pos Lejong, depan Masjid Daruttaqwa, Jalan Kesatrian X, Kebon Manggis, Matraman, Jakarta, Kamis (21/3/2024). (Foto: Ist)
Pimpinan Baznas Bidang Transformasi Digital Nasional, Prof Nadratuzzaman Hosen meninjau gerai UMKM Z-Ifthar Ramadan di Pos Lejong, depan Masjid Daruttaqwa, Jalan Kesatrian X, Kebon Manggis, Matraman, Jakarta, Kamis (21/3/2024). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) terus berikhtiar membantu usaha mikro kecil menengah (UMKM) agar naik kelas. Bertempat di lokasi Pos Lejong, depan Masjid Daruttaqwa, Jalan Kesatrian X, Kebon Manggis, Matraman, Jakarta Timur, Baznas meresmikan Gerai Z-Ifthar Ramadan, Kamis (21/3/2024). 

Salah satu pelaku UMKM mitra Baznas, Yoslinda mengaku sangat antusias dengan diadakannya Gerai Z-Ifthar Ramadan. Program ini merupakan hal yang dinanti-nantikan sejak dulu. Yoslinda berharap setiap tahun ada kegiatan semacam ini.

"Saya sangat berterima kasih kepada Baznas atas dukungan dan bantuannya untuk mengerakkan roda perekonomian masyarakat di sekitar Masjid Daruttaqwa dan Pos Lejong Kebon Manggis ini,” kata Yoslinda saat ditemui di meja Gerai Z-ifthar. 

Di kesempatan sama, pimpinan Baznas Bidang Transformasi Digital Nasional Prof Nadratuzzaman Hosen menyampaikan, Z-Ifthar merupakan program pengembangan usaha mustahik pelaku UMKM untuk menangkap peluang ekonomi di bulan Ramadan.

Baca juga : Pemkab Bekasi Antisipasi Kenaikan Harga Sembako di Ramadan dengan Pasar Murah

"Karena UMKM atau usaha mikro itu adalah usaha masyarakat rakyat yang terus harus dibina dan dikembangkan. Kita tahu peranan dari ibu-ibu sangat besar, peranan emak-emak dalam menggerakkan ekonomi," ujar Nadratuzzaman. 

Nadratuzzaman juga menyampaikan terima kasih kepada para pihak yang terlibat dalam peresmian Gerai Z-ifthar di Kebon Manggis ini. Dia berharap usaha para pelaku UMKM binaan Baznas dapat berkelanjutan. Tidak hanya bergairah di bulan Ramadan. 

"Saya berterima kasih kepada seluruh pihak yang bersama Baznas telah membantu terselenggaranya Z-Ifthar ini, pak camat, pak lurah, ketua RW, dan RT juga ketua DKM Masjid Daruttaqwa," tambah Nadratuzzaman. 

Menurutnya, menggerakkan ekonomi UMKM harus dilakukan secara bergotong royong. 

Baca juga : Pancasila Memperteguh Kesadaran Manusia Pada Puasa Ramadan

"Saya berharap para ibu-ibu UMKM binaan kita ini tidak berhenti usaha ketika Ramadan usai, tapi terus berkelanjutan. Kami, Baznas dapat disebut berhasil jika ibu-ibu mustahik ini nantinya bisa mendapatkan rizki yang berlimpah dan bisa mandiri, kemudian bisa berinfaq atau berzakat menjadi muzakki," ucapnya. 

Dalam kesempatan ini, Nadratuzzaman juga menganjurkan agar para pedagang memiliki sertifikat halal. Juga, memasang logo halal dalam rangka menyukseskan wajib sertifikat halal pada tanggal 17 Oktober 2024. 

"Baznas akan mengupayakan membantu pengusaha kecil yang belum memiliki sertifikat halal agar mendapatkan sertifikat halal," janji dia. 

Pembukaan Gerai Z- Ifthar Ramadan di Pos Lejong turut dihadiri Wakil Camat Matraman, Lurah Kebon Manggis, Ketua RW dan Ketua RT setempat, dan ketua DKM Masjid Daruttaqwa, H Bachtiar Efendi. 

Baca juga : Hipmi: Pelaku UMKM Happy Sambut Makan Siang Gratis

Suasana peresmian tampak meriah dengan dihibur oleh penampilan marawis dari remaja masjid. Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan UMKM oleh pimpinan Baznas bersama Wakil Camat, Lurah dan para undangan. 

"Alhamdulillah pada Ramadan tahun ini bisa dilaksanakan Gerai Z-Ifthar Ramadan yang diadakan oleh Baznas. Ini adalah yang pertama kalinya di wilayah kami. Kami berharap di tahun-tahun yang akan datang juga akan dilaksanakan program serupa di wilayah kelurahan kami ini, dan kolaborasi kami dengan UMKM dan Baznas dapat berkesinambungan," papar Lurah Kebon Manggis, Ibnu Fajar.

Terdapat 30 meja UMKM Mitra Baznas yang menjual beranekaragam takjil, aksesoris, lauk pauk, es, dan berbagai jajanan kekinian yang disediakan dengan praktis dan menggugah selera. Gerai Z-Ifthar Ramadan Pos Lejong di depan Masjid Daruttaqwa ini juga berlangsung kurang lebih 20 hari. Terhitung sejak 21 Maret sampai 9 April 2024. 

Peresmian Z-Ifthar di Kebon Manggis, Jakarta Timur menjadi simbolisasi pelaksanaan kegiatan Z-Ifthar yang telah berjalan sejak awal Ramadan di 20 lokasi dari 10 provinsi. Setidaknya, terdapat sebanyak 600 penerima manfaat dari pelaku UMK dari 20 lokasi yang mendapatkan manfaat program Z-Ifthar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.