Dark/Light Mode

Antisipasi Lonjakan Trafik Saat Lebaran, Telkom Tingkatkan Kapasitas Jaringan

Minggu, 24 Maret 2024 23:49 WIB
Ririek Adriansyah
Ririek Adriansyah

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang Lebaran, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk akan meningkatkan kapasitas jaringan dan penambah stasiun pemancar (BTS) untuk kelancaran arus komunikasi para pemudik.

Direktur Utama Telkom Indonesia, Ririek Adriansyah memprediksi trafik telekomunikasi meningkat 10 persen selama Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Baca juga : Gandeng Epicor Software, Presuniv Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa Hadapi Persaingan Global

"Jika daerah banyak dilalui pemudik, peningkatan trafik bisa lebih besar. Rata-rata peningkatannya 10 persen dari hari biasanya," kata Ririek di Surabaya dikutip Antara Minggu (24/3).

Oleh karena itu, lanjutnya, Telkom akan mempersiapkan langkah optimalisasi layanan telekomunikasi, salah satu dengan menambah kapasitas stasiun pemancar (BTS).

Baca juga : Pemkab Bekasi Antisipasi Kenaikan Harga Sembako di Ramadan dengan Pasar Murah

Selain itu, kata Ririek aspek lain yang turut diperhatikan dalam upaya optimalisasi layanan di masa Ramadan hingga Lebaran, yakni dengan memperkuat ketahanan infrastruktur, perangkat dan jaringan komunikasi.
 
Hal tersebut terus dipantau melalui program optimalisasi jaringan, penambahan kapasitas dan rekayasa trafik pada link maupun area kritis jalur mudik Lebaran nanti.
 
"Peningkatan kapasitas sebesar 28 terabits per second (Tbps) juga dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan trafik yang terus meningkat tiap tahunnya, dan tahun ini diproyeksikan mencapai 20,4 Tbps," ujarnya.

Karena itu, Telkom berkomitmen untuk menyediakan kelancaran arus komunikasi para pelaku perjalanan pemudik.
 
"Untuk menjadikan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H lebih bermakna," ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.