Dark/Light Mode

Layani Mudik Gratis 2024, Damri Siapkan 250 Armada

Selasa, 26 Maret 2024 09:30 WIB
Dalam mendukung Program Mudik Asyik Bersama BUMN 2024, Damri menyiapkan secara matang armada busnya untuk angkutan Lebaran tahun ini. (Foto: Ilustrasi Damri)
Dalam mendukung Program Mudik Asyik Bersama BUMN 2024, Damri menyiapkan secara matang armada busnya untuk angkutan Lebaran tahun ini. (Foto: Ilustrasi Damri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Damri menyiapkan secara matang armada busnya untuk angkutan Lebaran tahun ini.

Corporate Secretary Damri Chrystian R. M. Pohan mengatakan, Damri mendapatkan tugas menjadi operator untuk program mudik gratis bersama PT Pertamina di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Rabu (3/4/2024) dan program Mudik Asyik bersama BUMN 2024 dengan titik pelepasan di Silang Monas, Jakarta, Jumat (5/4/2024).

Pohan menjelaskan, Damri akan melayani 100 armada bus mudik gratis kolaborasi dengan Pertamina dan 150 armada untuk mudik bersama Kementerian BUMN.

Untuk program Mudik Asyik bersama BUMN 2024, kata Pohan, Damri menyiapkan sekitar 40 unit bus. Sisanya, Damri akan bekerja sama dengan operator swasta.

Baca juga : Bantu Kelancaran Mudik Lebaran, PUPR Siapkan Enam Ruas Tol Baru

"Armadanya tidak hanya dari Damri, tapi Damri yang jamin kualitasnya. Damri juga bertugas memastikan armada itu laik beroperasi dan pengemudi harus sehat," ujar Chrystian, Selasa (26/3/2024).

Untuk itu, Damri saat ini sudah mulai melakukan ramp check atau inspeksi keselamatan untuk kendaraan maupun tes kesehatan terhadap para pengemudi.

Pelayanan dan keselamatan menjadi fokus utama dalam inspeksi yang rutin dilakukan Damri menjelang masa angkutan Lebaran.

Semua aspek mulai dari Quality Control (QC) dan Quality Assurance  (QA) dipastikan dalam kondisi prima. Pengecekan QC berupa sistem penerangan, sistem pengereman, badan kendaraan, perlengkapan keselamatan dan tanggap darurat, serta perlengkapan kendaraan.

Baca juga : 2 Menteri Blusukan Ke Merak

Damri pun memastikan kelengkapan dan masa berlaku seluruh surat-surat kendaraan pada setiap armada yang akan beroperasi.

Sementara QA, untuk mengecek kondisi, kelengkapan, kerapihan hingga kebersihan berupa buku panduan doa dan tanggap darurat, seragam pengemudi dan petugas loket, informasi rute bus, intensitas pencahayaan interior, papan identitas pramudi, announcer keselamatan, tanda lokasi APAR, dan lainnya.

"Damri telah melakukan ramp check  dari sekarang supaya nanti tidak mogok di jalan. Ramp Check tidak hanya dari Damri tapi juga dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub)," ungkapnya.

Selain itu, Damri pun telah melakukan antisipasi dengan menyiapkan sejumlah armada cadangan di sejumlah titik di Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, dan Malang. Armada cadangan akan menggantikan bus yang mengalami kendala saat di jalan.

Baca juga : Jasa Marga Siapkan 25 SPKLU Di Jalan Tol

"Semoga langkah ini dapat menciptakan mudik yang aman, nyaman dan terpenting, masyarakat bisa sampai tujuan dengan selamat," pungkas Chrystian.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.