Dark/Light Mode

Netizen Banyak Yang Ikutan Daftar

Mudik Gratis Aman Dan Nyaman

Selasa, 19 Maret 2024 07:25 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono meninjau permukiman warga RW 01, Kelurahan Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (18/3/2024). (Foto: Pemprov DKI Jakarta)
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono meninjau permukiman warga RW 01, Kelurahan Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (18/3/2024). (Foto: Pemprov DKI Jakarta)

RM.id  Rakyat Merdeka - Program mudik gratis seperti jamur di musim hujan. Pemerintah Daerah (Pemda) hingga perusahaan pelat merah memfasilitasi warga yang mau merayakan Lebaran di kampung halaman. Fenomena ini menyedot perhatian netizen, karena banyak yang mau ikut program tersebut.

Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membuka pendaftaran mudik gratis mulai Rabu (20/3/2024). Program ini akan diselenggarakan menuju 19 kota dan kabupaten, di antaranya Yogyakarta, Semarang, Tasikmalaya dan Palembang.

“Total, Pemprov DKI akan menyediakan 259 armada dan 13 truk pengangkut kendaraan pribadi milik warga. Pendaftaran dimulai 20 Maret 2024 dan akan ditutup apabila kuota telah terpenuhi,” demikian informasi yang disampaikan Dinas Perhubungan DKI Jakarta mela­lui akun instagramnya, @dishub­dkijakarta, Senin (18/3/2024).

Baca juga : Duh, Harga Pangan Kok Belum Turun Juga Sih....

Rombongan pemudik akan diberangkatkan dari kawasan Monumen Nasional (Monas), Kamis (4/4/2024). Sementara truk pengangkut motor berang­kat sehari sebelumnya, yakni Rabu (3/4/2024), dari Terminal Pulogadung.

Terpisah, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono menyatakan, Pemprov DKI terus berkoordinasi dengan kemente­rian dan pemangku kepentingan terkait dalam program mudik gratis tahun ini.

Menurut dia, langkah itu dilakukan agar program yang diadakan bisa berjalan baik dan memberi pelayanan yang maksimal.

Baca juga : Liverpool Terusir Dari Piala FA

“Pemerintah Daerah bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub), serta sejumlah stake­holder terkait, pasti memberikan fasilitasi maksimal bagi para pemudik,” ucap dia.

Dari perusahaan pelat merah, PT Jasa Marga (Persero) Tbk turut membuka program mudik gratis Lebaran 2024 menggu­nakan bus. Pendaftaran dibuka Senin (18/3/2024) dan ditutup Jumat (22/3/2024).

Program mudik gratis 2024, Jasa Marga menyediakan to­tal kuota 900 tiket. Kota-kota tujuan dalam program mudik gratis tahun ini, di antaranya Surabaya, Solo, Malang, Blitar dan Yogyakarta.

Baca juga : Fajri Dan Jojo Yang Terbaik, Merah Putih Juara Umum

Maraknya program mudik gra­tis disambut riuh para netizen.

Akun @ITSumatera_yai men­gaku senang dengan program mudik gratis di bulan Ramadan tahun ini. Sebab, program itu membantunya pulang ke kam­pung halaman tanpa perlu men­geluarkan uang banyak.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.