Dark/Light Mode

INSA Siap Sukseskan Mudik Lebaran

Rabu, 27 Maret 2024 20:13 WIB
INSA Siap Sukseskan Mudik Lebaran

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Pengurus Pusat Indonesian National Shipowners’ Association (DPP INSA) berkomitmen untuk ikut menyukseskan kegiatan mudik Lebaran 2024.

"Saya berharap, kita bisa meningkatkan keselamatan dan keamanan kapal karena tidak ada tawar menawar untuk kedua hal tersebut," kata Ketua Umum DPP INSA Carmelita Hartoto dalam gelaran INSA berbagi dan buka puasa bersama dengan 300 anak yatim di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta pada Rabu (27/3/2024). 

Apalagi, kata Carmelita, Kementerian Perhubungan memprediksi jumlah pemudik di Lebaran tahun ini mencapai 193 juta orang atau mengalami peningkatan 56,91 persen, dibandingkan jumlah pemudik periode sebelumnya sebesar 123 juta orang. Puncak arus mudik tahun ini diprediksi akan terjadi pada 8 April atau H-2 Lebaran. 

Dalam acara berbagi tersebut, Carmelita yang kini juga Ketua Umum Federation ASEAN Shipowners’ Association (FASA) menilai, salah satu esensi dari puasa Ramadhan adalah mengasah kepekaan diri terhadap kondisi masyarakat dan lingkungan sekitar. 

Baca juga : 2 Menteri Blusukan Ke Merak

Di sisi lain, sebagai bagian dari anak bangsa, INSA juga berkomitmen untuk terus ikut serta dalam memberdayakan kesejahteraan masyarakat dalam setiap aktivitas keorganisasiannya. 

Atas dasar itu, INSA menjadikan acara INSA Berbagi kepada anak-anak yatim sebagai agenda rutin yang digelar pada saat Ramadhan setiap tahunnya. 

Menurut Carmelita, INSA Berbagi menjadi wujud nyata dari semangat kepedulian sosial INSA dalam berkontribusi terhadap masyarakat.

"INSA Berbagi adalah agenda rutin setiap tahun sebagai bentuk rasa syukur kami, sekaligus keinginan kami berbagi kebahagian kepada anak-anak yatim," ujarnya. 

Baca juga : BNPT Minta Dukungan Semua Pihak Untuk Pembaruan Perpres RAN PE

INSA Berbagi diisi dengan berbagai rangkaian acara. Anak-anak yatim mengikuti games, kemudian mendengarkan hiburan islami, motivasi dari motivator anak, dan ceramah agama bertajuk 'Bersinar bersama Anak Yatim dalam Kebahagiaan dan Kebersamaan' yang disampaikan KH Ridwan Muhammad Yusuf. 

Menurut Carmelita, selain sebagai ajang berbagi, buka puasa bersama DPP INSA juga menjadi kesempatan para pengurus DPP INSA untuk bersilaturahmi satu sama lain. 

Ia meminta para pengurus INSA diharapkan akan semakin solid dan aktif di organisasi, mengingat peran strategis INSA terhadap pelayaran nasional dan regional karena kini tengah mendapatkan kepercayaan memimpin FASA. 

Kepercayaan lebih besar juga menanti INSA di tingkat regional. Sesuai agenda Asia Shipowners' Association (ASA) yang akan menggelar Annual General Meeting (AGM) Mei nanti, INSA akan dipercaya menerima mandat estafet kepemimpinan ASA.

Baca juga : BRI Sediakan Uang Tunai Rp 34 T Di Periode Libur Lebaran

"Seluruh pengurus INSA harus semakin solid karena kedepan peran INSA di tingkat pelayaran regional semakin strategis," tegasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.