Dark/Light Mode

Green Impact Day Untuk Ketahanan Pangan, Air dan Energi Indonesia

Senin, 1 April 2024 15:06 WIB
Ilustrasi ketahanan pangan, air, dan energi.
Ilustrasi ketahanan pangan, air, dan energi.

RM.id  Rakyat Merdeka - Green energy dan green economy yang ditujukan untuk ketahanan pangan, air dan energi Indonesia bukan lagi sekedar gagasan tapi harus sudah menjadi aksi-aksi yang perlu terus digaungkan.

Dalam rangka ulang tahun ke-25, Rakyat Merdeka menyelenggarakan Green Impact Day pada 29 dan 30 April 2024, di Sasana Budaya Ganesha, ITB Bandung. Kegiatan ini melibatkan sekitar 4 ribu anak-anak muda, yang berasal dari kampus-kampus terbaik Indonesia, yang tergabung dalam komunitas SRE (Society of Renewable Energy).

Sejak lima tahun terakhir, Rakyat Merdeka memberikan perhatian khusus kepada upaya-upaya yang dilakukan demi mewujudkan Indonesia bersih dan ramah lingkungan. Banyak program dan aksi-aksi kongkrit yang sudah dikerjakan oleh Rakyat Merdeka bersama SRE, sebuah komunitas anak-anak muda terbesar di Indonesia, yang memiliki kepedulian pada aktivitas penanganan iklim dan energi hijau. Membernya yang teregistrasi kini mencapai 4 ribu orang dan tersebar di kampus-kampus terbaik seluruh Indonesia.

Baca juga : BNPT Apresiasi Konsistensi UNODC Dukung Penanggulangan Terorisme di Indonesia

Ada sejumlah kegiatan yang akan dilakukan dalam Green Impact Day. Yaitu talkshow dari sejumlah narasumber bidang lingkungan dan energi serta direksi BUMN. Firesidechat yang menghadirkan pejabat setingkat menteri dan tokoh politik. Serta leadership talk dari sejumlah pimpinan korporasi yang terkait dengan bidang energi ramah lingkungan.

Dalam kegiatan tersebut, juga akan dilakukan awarding dari hasil kompetisi penulisan artikel tentang energi dan penanganan iklim yang diikuti sekitar 600 anak muda seluruh Indonesia. Ada dua piala yang diserahkan untuk pemenang. Yaitu Piala Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI untuk kategori lingkungan. Dan Piala Menteri ESDM RI untuk kategori energi.

Selain itu, ada dua buku diluncurkan. Pertama, Buku Green Youth Outlook 2024. Berisi mitigasi kondisi anak muda Indonesia dan skill set yang dimiliki untuk ikut mewujudkan Indonesia yang hijau dan ramah lingkungan. Dari buku ini bisa diketahui kualitas dan kemampuan anak muda Indonesia dalam memahami isu-isu green energy dan green economy. Ada sekitar 100 kuesioner dari lima sektor (energi, perindustrian, kehutanan, pertanian dan transportasi) yang ditanyakan kepada 2.000 responden usia 17-30 tahun dari seluruh Indonesia. Buku kedua adalah Green Agriculture untuk Ketahanan Pangan Indonesia. Buku ini kolaborasi antara Kementerian Pertanian, Rakyat Merdeka dan SRE. Berisi tentang panduan dan petunjuk bagi korporasi yang ingin membantu mewujudkan ketahanan pangan Indonesia melalui mekanisme green agriculture dalam program CSR-nya.

Baca juga : Apolin: Kebijakan Gas Murah Berikan Nilai Tambah Bagi Indonesia

Saat pembukaan, rencananya akan diluncurkan website Green Impact. Sebuah platform yang menjadi indikator aspek keberlanjutan, yaitu perkembangan dan riset green energy dan green economy di seluruh Indonesia.

Rencananya, di sekitar tempat acara Green Impact Day, akan dibuka ekspo UMKM dan Inovasi Generasi Muda dan Green Jobs Fair dengan melakukan scan registrasi dan drop CV melalui tempat-tempat yang disediakan.

Pada hari ulang tahun ke-25 ini, Rakyat Merdeka juga melakukan penanaman Mangrove di 25 lokasi di seluruh Indonesia. Melibatkan ratusan mahasiswa di 25 kampus/ perguruan tinggi Indonesia. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.