Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jelang Lebaran, Tokopedia Catat Lonjakan Sejumlah Kebutuhan Mudik

Selasa, 2 April 2024 15:09 WIB
Jelang Lebaran, Tokopedia Catat Lonjakan Sejumlah Kebutuhan Mudik

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang tradisi mudik atau pulang kampung saat Lebaran, Tokopedia membagikan lima tips persiapan mudik yang lebih aman dan nyaman, termasuk bagi pengguna kendaraan pribadi baik mobil maupun motor.

Pertama, pastikan kendaraan pribadi dalam kondisi prima. Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan kendaraan pribadi dalam kondisi prima.

Lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap berbagai komponen penting seperti oli mesin, tekanan ban, air radiator, dan sistem rem.

“Untuk membantu masyarakat dalam persiapan tersebut, Tokopedia menyediakan layanan Tokopedia Garage yang memberikan akses untuk mendapatkan berbagai perlengkapan dan perawatan mobil dan motor,” jelas External Communications Senior Lead Tokopedia Rizky Juanita Azuz dalam keterangan resminya, Selasa (2/4/2024).

Ada pula Layanan Jasa Pasang Otomotif dari Tokopedia sehingga masyarakat dapat dengan mudah memperoleh fasilitas pemasangan untuk berbagai produk otomotif, termasuk onderdil mobil dan motor, yang dibeli melalui platform Tokopedia.

Baca juga : Keranjang TikTok Nyambung ke Tokopedia, Dagangan UMKM Laris Manis

“Jelang mudik Lebaran 2023 lalu, di Tokopedia penjualan kasur mobil melonjak lebih dari 4 kali lipat dibandingkan periode yang sama di awal tahun 2023,” katanya.

Kedua, siapkan uang tunai dan saldo kartu uang elektronik. Masyarakat bisa dengan mudah mengisi saldo uang elektronik melalui fitur Top Up Uang Elektronik di Tokopedia kapan pun dan di mana pun.

Setelah pembayaran sudah terverifikasi, jangan lupa update saldo uang elektronik dari aplikasi Tokopedia, ATM atau gerai retail terdekat.

“Menurut data internal Tokopedia, nilai transaksi pada fitur Top Up Uang Elektronik naik lebih dari 3 kali lipat jelang mudik Lebaran 2023 lalu dibandingkan dengan periode yang sama di awal tahun 2023,” ungkap Rizky.

Ketiga, menitipkan hewan peliharaan pada orang terdekat. Bagi keluarga yang memiliki hewan peliharaan, maka ada baiknya melakukan persiapan apabila hewan peliharaan tersebut tidak dibawa pulang mudik.

Baca juga : Gelar Semarak Ramadan, Perhutani Bagikan Paket Sembako di 5 Lokasi

Rizky mengatakan, melalui Tokopedia pun melihat permintaan masyarakat terhadap produk perawatan hewan peliharaan juga terus naik, misalnya saat jelang mudik Lebaran 2023 lalu.

“Penjualan pet feeder, dispenser makanan hewan peliharaan yang dapat diatur dengan smartphone, melonjak hampir 1,5 kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama di awal tahun 2023.Sedangkan produk litter box kucing mengalami kenaikan penjualan lebih dari 1,5 kali lipat,” jelas Rizky.

Keempat, perlengkapan untuk kejadian yang tidak terduga. Misalnya untuk menjaga kesehatan fisik pemudik, dianjurkan membawa kotak P3K berisi obat anti mabuk, obat diare, obat demam, serta antiseptik pembersih luka dan perban.

“Tokopedia memiliki halaman khusus Tokopedia Farma untuk mempermudah masyarakat mendapatkan produk kesehatan, mulai dari multivitamin dan obat-obatan yang sudah terkurasi, untuk dibawa saat perjalanan mudik Lebaran 2024 mendatang,” katanya.

Tips kelima, menyiapkan keperluan perbekalan makanan dan minuman serta alat ibadah. Untuk mengantisipasi perjalanan mudik yang panjang, siapkan makanan dan minuman secukupnya bagi sekeluarga.

Baca juga : Jelang Lebaran dan Libur Panjang, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Kargo Udara

Bawalah makanan dan minuman yang tahan lama dan mudah dibawa, seperti roti, biskuit, buah-buahan dan air minum.

Selain itu, agar ibadah sholat bisa tepat dilakukan dengan optimal selama perjalanan mudik, pastikan pula membawa alat ibadah yang mudah untuk disimpan dalam mobil atau tas.

“Tokopedia mencatat penjualan subkategori produk Perlengkapan Ibadah, termasuk mukena, sarung hingga sajadah, naik lebih dari 2,5 lipat jelang mudik Lebaran 2023 lalu jika dibandingkan dengan periode yang sama di awal tahun 2023,” kata Rizky.

Diketahui, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut, jumlah pemudik Lebaran di tahun 2024 diprediksi menjadi yang terbesar sepanjang sejarah.

Sebanyak 193,6 juta orang diprediksi akan mudik tahun ini, nilai tersebut setara dengan 71,7 persen rakyat Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.