Dark/Light Mode

Evolution PKT Proaktif Salurkan Sembako Bagi Panti Asuhan & Jompo Di Bontang

Selasa, 2 April 2024 16:50 WIB
Program Evolution PKT Proaktif, kembali menyalurkan kepedulian melalui kegiatan berbagi sembako kepada panti asuhan dan panti jompo di Kota Bontang, Kaltim. (Foto: Dok. Pupuk Kaltim)
Program Evolution PKT Proaktif, kembali menyalurkan kepedulian melalui kegiatan berbagi sembako kepada panti asuhan dan panti jompo di Kota Bontang, Kaltim. (Foto: Dok. Pupuk Kaltim)

RM.id  Rakyat Merdeka - Program Evolution PKT Proaktif, yang digawangi para karyawan PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) sebagai relawan, kembali menyalurkan kepedulian melalui kegiatan berbagi sembako kepada panti asuhan dan panti jompo di Kota Bontang, Kalimantan Timur.

Adapun, program dalam mengisi Ramadan 1445 H ini dilepas langsung Direktur Utama Pupuk Kaltim Budi Wahju Soesilo, di halaman parkir Masjid Raya Baiturrahman, Bontang, Rabu (27/3/2024) sore.

Soesilo mengatakan, kegiatan ini bagian dari wujud kepedulian Pupuk Kaltim bagi masyarakat dengan membantu pemenuhan kebutuhan harian selama bulan puasa.

Menurutnya, PKT Proaktif berbagi sembako rutin dilaksanakan setiap tahun, utamanya saat Ramadan dan jelang Idul Fitri.

Begitu pula tahun ini, dirangkai dengan Employee Volunteering Initiation (Evolution) untuk menumbuhkan kepekaan dan kepedulian sosial karyawan, dengan turun langsung sebagai relawan aksi dan suksesor program.

Baca juga : Ramadan, Pupuk Kaltim Salurkan 4.160 Paket Sembako Untuk Warga Bontang

Setelah pekan lalu disalurkan 4.160 paket sembako bagi warga kurang mampu di Kota Bontang, kata dia, kali ini giliran panti asuhan dan panti jompo yang turut menjadi perhatian Evolution PKT Proaktif.

Rencananya, ada 9 panti asuhan dan satu panti jompo, dengan ratusan penerima manfaat sesuai data verifikasi di lapangan.

"Jika diakumulasi, total realisasi PKT Proaktif berbagi sembako pada Ramadan ini senilai Rp 1,61 miliar yang terbagi pada berbagai sasaran penerima. Begitu juga, dengan keterlibatan karyawan sebagai relawan kegiatan, diharap makin menumbuhkan jiwa sosial dan kepedulian kepada sesama," ujarnya, melalui keterangannya, Selasa (2/4/2024).

Soesilo menambahkan, selain penyaluran sembako, PKT turut memberikan bantuan 200 Al Quran bagi TPQ Baiturrahman, sebagai bentuk dukungan terhadap penguatan pendidikan keislaman di masyarakat, khususnya dalam mencetak generasi Qurani yang unggul di Kota Bontang.

Melalui bantuan Al Quran, Soesilo berharap, para santri dapat lebih memahami pembelajaran dengan baik dan benar, akan makna yang terkandung dalam kitab suci serta mengamalkan di seluruh aspek kehidupan.

Baca juga : OREO Berbagi Kecerian Ramadhan Bersama Anak Panti Asuhan di 4 Kota

"Semoga dukungan ini dimanfaatkan dengan baik, utamanya dalam mendorong terciptanya generasi Qurani yang berkarakter di Kota Bontang," ungkapnya.

Ketua Harian LKSA Nurul Hidayah Loktuan Nuruddin, sebagai salah satu perwakilan penerima manfaat menyampaikan, terima kasih atas kepedulian Pupuk Kaltim, yang rutin menyalurkan bantuan bagi para santri yang diasuhnya.

Ia mengaku, setiap tahun dirinya tidak pernah absen mendapatkan perhatian dari Pupuk Kaltim, baik berupa dana pembinaan maupun bahan pokok hingga kebutuhan harian para santri.

"Kami berharap, kepedulian ini dapat terus ditingkatkan, mengingat manfaat yang begitu dirasakan oleh para santri. Semoga ini menjadi berkah bagi Pupuk Kaltim," ucap Nuruddin.

Pengurus panti jompo Al Maghfirah Teluk Pandan Kutai Timur Asih, turut mengapresiasi peran Pupuk Kaltim yang telah menaruh perhatian bagi para lansia melalui bantuan Evolution PKT Proaktif.

Baca juga : J Trust Bank Salurkan Bantuan Sembako di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu

Asih mengatakan, hal ini menunjukkan kepedulian sosial karyawan beserta perusahaan sangat tinggi untuk berbagi dengan sesama. Terlebih, para lansia merupakan salah satu sasaran yang sejatinya perlu dukungan berbagai pihak untuk tetap produktif, sehingga bisa menjalani hari tua dengan baik.

"Sejauh ini, Pupuk Kaltim juga banyak membantu dan memberi perhatian kepada kami dalam merawat para lansia di Al Maghfirah, termasuk pada Ramadan ini. Kami doakan Pupuk Kaltim tetap jaya dan terus peduli ke masyarakat," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Pupuk Kaltim turut berbagi voucher gratis kepada masyarakat yang tengah berburu takjil berbuka puasa di Bazar Ramadan Baiturrahman.

Jajaran Direksi dan Manajemen Pupuk Kaltim yang menyambangi sejumlah booth UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah), turut bercengkerama seraya membagikan voucher kepada masyarakat yang hendak berbelanja.

"Bersalaman dengan bapak-bapak Direksi Pupuk Kaltim, lalu dikasih voucher. Alhamdulillah, bisa buat beli makanan keluarga di rumah," ujar Nuraini, salah satu warga sekitar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.