Dark/Light Mode

Roebiono Kertopati Diusulkan Jadi Pahlawan, Pengamat: Ketokohannya Tak Diragukan

Senin, 29 Januari 2024 00:02 WIB
Mayjen TNI dr. Roebiono Kertopati (Foto: Istimewa)
Mayjen TNI dr. Roebiono Kertopati (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengusulkan Mayjen TNI dr. Roebiono Kertopati menjadi pahlawan nasional. Alasannya, karena sosok yang bersangkutan memiliki sejarah dalam pendirian BSSN.

Pengamat militer dan intelijen Susaningtyas Kertopati mengatakan, sudah seharusnya Bapak Persandian Negara mendapat gelar pahlawan nasional. 

Baca juga : Puji Visi Demokrat dalam Pertahanan, Pengamat: Penerapannya Jadi Tantangan

“Persandian Negara suatu ilmu melindungi negara dari kebocoran rahasia negara. Ini ilmu yang tidak semua orang memiliki dan mampu melaksanakan,” ucapnya, Minggu (28/1).

Mantan anggota Komisi I DPR ini menilai, ketokohan Mayjen TNI dr. Roebiono Kertopati tak diragukan lagi dalam dunia telik sandi. 

Baca juga : Tanggapi Desakan Gibran Mundur, Kaesang Serahkan Penilaian Ke Masyarakat

“Beliau membuat sistem persandian khas Indonesia yang sulit dipahami oleh bangsa lain yang mampu menyelamatkan negara dari ancaman karena kebocoran rahasia negara,” katanya.

Dia lalu mengutip pesan dari almarhum Roebiono Kertopati yang sangat terkenal yakni, “Ingatlah, bahwa kechilafan satu orang sahaja tjukup sudah menjebabkan keruntuhan negara”.

Baca juga : Momen Prabowo Serukan Teriakan Perang Khas Dayak

“Kita semua harus menjaga negara kita dari kejahatan Siber, karena hal ini lebih sulit dibuktikan tapi terasa akibatnya,” ujar perempuang yang akrab disapa Nuning, sapaan akrab Susaningtyas.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.