Dark/Light Mode

Siapkan Ribuan Petugas, PLN Jamin Listrik di Jakarta Aman Saat Libur Lebaran

Kamis, 4 April 2024 07:48 WIB
General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, Lasiran ( kanan) dan Manajer Komunikasi PLN UID Jakarta Raya, Pandu Prastyani. (Foto Dede Iswadi Idris/Rakyat Merdeka/RM.id).
General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, Lasiran ( kanan) dan Manajer Komunikasi PLN UID Jakarta Raya, Pandu Prastyani. (Foto Dede Iswadi Idris/Rakyat Merdeka/RM.id).

RM.id  Rakyat Merdeka - General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, Lasiran memastikan pasokan listrik di Jakarta jelang dan selama Lebaran 2024 aman dengan reserve margin lebih dari 44 persen. Pasokan listrik UID Jakarta Raya disuplai dari enam subsistem.

“Total load enam subsistem itu 8.326 megawatt (MW), sedangkan beban puncak UID Jakarta Raya pada 2024 ini sebesar 5.597 MW. Itu artinya ada cadangan 2.729 MW yang siap dipakai.” kata Lasiran saat acara Press Briefing Kesiapan Listrik Jelang Idul Fitri dan Buka Bersama PLN UID Jakarta Raya di Menteng, Kota Jakarta Pusat, Rabu (3/4/2024).

Selain itu, untuk menjaga keandalan setrum selama libur Lebaran, lanjut dia, tim PLN siaga 24 jam. PLN UID Jakarta Raya akan menyiapkan 17 posko dengan 312 pegawai dan 1.372 tenaga ahli daya (TAD).

Baca juga : Kecap Sedaap Salurkan Ratusan Sajian Buka Puasa ke Masjid di Jakarta dan Bandung

“Kapan pun mengadu, kami pastikan akan dilayani. Dan kami punya command center, pada saat pelanggan mengadu, dalam waktu 30 menit tidak direspon, akan saya monitor,” jelas Lasiran yang menyebut setiap aduan pelanggan tersebut masuk ke handphone-nya dan jajaran direksi lainnya.

Menurutnya, untuk warga Jakarta yang hendak pulang kampung, PLN UID Jakarta Raya memberikan tips agar mudik semakin asik. Pertama, isi token listrik dan bayar tagihan listrik.

“Pastikan sudah mengisi token listrik bagi pelanggan prabayar dan cek tagihan listrik serta pastikan sudah membayar sebelum tanggal 20 setiap bulannya bagi pelanggan pasca bayar. Sehingga llistrik tidak tiba-tiba mati, rumah jadi gelap dan rawan pencurian,” ucapnya.

Baca juga : Jangan Panic Buying, Pemerintah Jamin Stok Pangan Tersedia Jelang Lebaran

Kedua, matikan aliran listrik. Cabut semua peralatan listrik yang tidak digunakan untuk menghindari korsleting yang dapat menyebabkan kebakaran.

Ketiga, pastikan listrik yang tersambung adalah listrik resmi dan menggunakan kWh meter sesuai daya langganan serta peruntukan. Kelima, titipkan kunci rumah ke tetangga yang dikenal dekat atau RT/RW setempat.

“Jika terjadi kondisi kebakaran bisa dimitigasi dan tidak meluas,” tegasnya.

Baca juga : Pertamina Jamin Stok BBM Lebaran Aman

Terakhir, gunakan PLN Mobile. Aplikasi PLN Mobile ini dapat digunakan untuk transaksi maupun pengaduan sekalipun sedang di kampung halaman.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.