Dark/Light Mode

Kemenhub Berikan Mudik Gratis Via Udara Bagi 17 Penyandang Disabilitas

Kamis, 4 April 2024 14:38 WIB
Kemenhub Berikan Mudik Gratis Via Udara Bagi 17 Penyandang Disabilitas

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bekerja sama dengan maskapai, dan Bank Syariah Indonesia (BSI) memberikan sebanyak 17 tiket pesawat secara gratis pulang pergi (PP) bagi disabilitas di musim mudik Lebaran 2024.

Pemberian tiket mudik gratis dengan pesawat ini untuk mendukung pelaksanaan 'Mudik Inklusi Ramah Disabilitas melalui Angkutan Udara'. 

Pemberian tiket pesawat gratis diberikan langsung secara simbolis oleh Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Maria Kristi Endah Murni di kantornya, Jakarta, Kamis (4/4/2024). 

Kristi mengatakan, 17 penyandang disabilitas yang difasilitasi mudik gratis menggunakan berbagai macam maskapai. Hal ini dilakukan agar semua maskapai bersinergi. Rutenya juga ke berbagai daerah. 

Baca juga : Gelar Mudik Gratis, Partai Golkar Berangkatkan 1.000 Pemudik

Kristi mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada operator penerbangan yaitu, Garuda Indonesia, Citilink Indonesia, Pelita Air Service, Sriwijaya Air, Super Air Jet, Indonesia Air Asia, dan BSI yang ikut berkolaborasi mendukung terselenggaranya kegiatan mudik ini. 

Adapun, rute yang diterbangi yaitu, Jakarta ke berbagai tujuan seperti Padang, Medan, Pangkal Pinang, Pontianak, Lampung, dan Banda Aceh.

"Harapannya semoga mereka juga bisa merasakan momen mudik yang bermakna dan memiliki pengalaman mudik menggunakan moda transportasi udara," tuturnya.

Kristi berpesan agar pengalaman dan pelayanan mulai saat sebelum penerbangan, selama penerbangan dan setelah penerbangan, dapat diceritakan. 

Baca juga : Dukung Mudik Gratis BUMN, ASDP Berangkatkan 800 Pemudik Di 3 Lintasan

"Kami juga menerima masukan dari teman-teman disabilitas terkait pelayanan di bandara dan pelayanan selamat di pesawat, untuk perbaikan ke depannya," ucapnya. 

Ia berharap agar kegiatan ini ke depannya dapat dikelola lebih baik, berkelanjutan dan melibatkan lebih banyak kolaborasi dari berbagai pihak. 

"Mudah-mudahan tahun depan bisa dikoordinir lebih baik lagi dan lebih banyak lagi peserta mudik inklusi disabilitasnya," jelasnya. 

Sementara itu, Catur Sigit Nugroho salah satu penyandang disabilitas mengaku bersyukur dengan adanya fasilitas yang disiapkan oleh Kemenhub di mudik Lebaran 2024.

Baca juga : Kemenko PMK Persiapkan Mudik Aman Dan Menyenangkan

Catur mengatakan, banyak dari para disabilitas yang 10-15 tahun belum melaksanakan mudik Lebaran lantaran keterbatasan diri dan juga harga tiket.

Catur berharap ke depan kuota mudik gratis bisa lebih banyak, sehingga dapat membantu para penyandang disabilitas ketika mudik Lebaran atau libur Natal dan Tahun Baru.

"Tahun depan, semoga bisa difasilitasi lebih banyak lagi, karena kami memang membutuhkan itu. Terutama yang dari luar Pulau Jawa. Supaya bisa lebih banyak, yang sudah lama belum berkesempatan mudik, itu bisa pulang," katanya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.