Dark/Light Mode

Kemenko PMK Persiapkan Mudik Aman Dan Menyenangkan

Senin, 1 April 2024 23:00 WIB
Deputi VI Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK Warsito (baju putih). (Foto: Ist)
Deputi VI Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK Warsito (baju putih). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Deputi VI Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Warsito memastikan ikut terlibat aktif dalam melakukan persiapan menjelang arus mudik Lebaran 2024.

Warsito memastikan Kemenko PMK berupaya untuk terus berkoordinasi dengan seluruh stakeholders untuk dapat memberikan dukungan penuh. 

"Hal ini agar mudik dapat terlaksana dengan menyenangkan, damai, ceria. Mudik tidak hanya fungsi ekonomi, tapi juga sosial dan religius," kata Warsito dalam acara Deputy Meet The Press di Jakarta, Senin (1/4/2024). 

Baca juga : Naik Heli Bareng Menko Polhukam, Kapolri Tinjau Kesiapan Arus Mudik Di Merak

Warsito mengungkapkan, berdasarkan data Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tahun ini sebanyak 193,6 juta orang diprediksi akan melakukan perjalanan pada Idul Fitri 2024. Jumlah ini meningkat sebesar 73 juta dari tahun lalu, di angka 123,8 juta. 

"Dengan jumlah itu, koordinasi akan dilaksanakan kira-kira sekurang-kurangnya 4-5 kali," ungkapnya. 

Menurutnya, sejumlah hal akan dilakukan oleh Pemerintah untuk mengantisipasi arus mudik Lebaran 2024. Langkah tersebut adalah optimalisasi 6 ruas tol fungsional, pemberlakuan tiket online, penyediaan posko mudik berfasilitas lengkap, mudik gratis oleh kementerian/lembaga dan BUMN.

Baca juga : Verstappen Dijagokan Menang Di GP Jepang

Selain itu, juga antisipasi lonjakan wisatawan, mitigasi potensi cuaca ekstrem dan bencana, serta pengadaan posko THR.

Di sisi lain, Warsito menegaskan, untuk Pulau Jawa jalur mudik sudah aman untuk dilewati pemudik. Keberadaan rest area juga sudah cukup. 

"Di Jawa saya kira sepenuhnya dari jumlah rest area sudah menjadi bagian pengamanan dan Insya Allah tidak ada kerawanan kejahatan di Jawa," ungkapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.