Dark/Light Mode

Cek Persiapan Mudik di Merak

Menko PMK Minta Berbagai Fasilitas Penunjang Ditambah

Sabtu, 23 Maret 2024 20:42 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (BKS) meninjau persiapan angkutan lebaran tahun 2024, di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (23/3/2024).

“Saya bersama pak Menhub melakukan inspeksi mendadak langsung ke lokasi Pelabuhan Merak. Ini adalah detailing atau pendalaman beberapa bagian dari rencana besar kita dalam menangani mudik tahun 2024,” ujar Muhadjir.

Muhadjir menyebut, penyeberangan Merak-Bakauheni menjadi titik krusial dalam pelaksanaan mudik lebaran.

Baca juga : Plt Kepala Perpusnas Lantik Joko Santoso Sebagai Sekretaris Utama

Sehingga diperlukan penambahan fasilitas kapal maupun sarana penunjang lainnya.

Penambahan berbagai fasilitas tersebut adalah untuk menjaga V/C Ratio kendaraan agar tetap rendah, sehingga tidak terjadi penumpukan seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Ini perlu kita pastikan, tadi Pak Menhub telah sampaikan akan ada kenaikan pemudik 50 persen dibandingkan tahun lalu berarti nantinya yang akan menyebrang juga bertambah," jelas Muhadjir.

Baca juga : Cek Banjir Di Kabupaten Kudus, Kapolda Jateng Minta Prioritaskan Pengungsi

Selain itu, untuk menghindari tumpukan kendaraan di titik pelabuhan, Muhadjir mengimbau pemudik kapal penyeberangan untuk melakukan pembelian tiket secara online.

Tujuannya, agar tidak terkendala dengqn antrean panjang lantaran belum memiliki tiket.

"Jadi kita membuat kebijakan tidak ada pelayanan pemesanan tiket manual. Nantinya kita punya kepastian berapa yang akan menyeberang hari ini sehingga kita bisa mengatur lebih berpresisi," tuturnya.

Baca juga : KPK Minta ImigrasiCekal 3 Orang Lagi

Sejalan dengan hal tersebut, Menhub Budi Karya Sumadi meminta pengelola penyeberangan mendahulukan kapal-kapal besar dengan kecepatan yang lebih tinggi. Sehingga dapat mengangkut penumpang lebih banyak dan cepat.

Pada kesempatan tersebut Muhadjir dan BKS didampingi Pj. Gubernur Banten Al Muktabar, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, Kakorlantas Polri Aan Suhanan, dan Direktur Komersial dan Pelayanan ASDP Indonesia Ferry Yusuf Hadi beserta jajarannya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.