Dark/Light Mode

Bersama Kementerian BUMN, Angkasa Pura 1 Berangkatkan 1.878 Pemudik

Sabtu, 6 April 2024 17:50 WIB
Bersama Kementerian BUMN, Angkasa Pura 1 Berangkatkan 1.878 Pemudik

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura I (AP1) memberangkatkan sebanyak 1.878 peserta mudik dalam program "Mudik Bersama BUMN Tahun 2024" melalui moda transportasi darat, laut, dan penyeberangan.

Rangkaian Mudik Bersama yang diselenggarakan oleh AP1 dimulai pada Selasa (2/4) lalu dengan menggunakan moda transportasi laut.

Sebanyak 145 pemudik diberangkatkan melalui Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar menggunakan armada KM Dorolonda milik PT Pelni dengan rute Makassar menuju Surabaya.

Pada Jumat (5/4) kemarin, AP1 memberangkatkan sebanyak 41 peserta mudik menggunakan armada bus dengan rute Jakarta menuju tujuan akhir Terminal Purbalingga.

Baca juga : Bank Mandiri Berangkatkan 838 Nasabah Pemenang Program Mudik Asik 2024

Acara dilakukan dengan seremoni flag-off di area Silang Monas yang dihadiri oleh Direktur Utama AP1 MMA Indah Preastuty serta perwakilan BUMN lain.

Dalam kegiatan ini, sebanyak total 6.432 peserta mudik yang diberangkatkan oleh berbagai perusahaan BUMN dilepas oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan pelepasan peserta mudik dengan menggunakan moda kereta api pada Sabtu (6/4).

Total 941 peserta mudik diberangkatkan dari Stasiun Senen dengan dua rangkaian kereta, yaitu Kereta Tawang Jaya Premium dengan tujuan akhir Stasiun Semarang Tawang yang mengangkut 410 penumpang, serta Kereta Jaka Tingkir tujuan akhir Stasiun Purwosari Solo dengan jumlah 531 penumpang.

Baca juga : Mabes TNI Bersama Artha Graha Peduli Berangkatkan 1.069 Pemudik

"Kami merasa senang dapat kembali berpartisipasi dalam program Mudik Bersama BUMN di tahun ini, sehingga dapat membantu para peserta mudik untuk dapat kembali pulang ke kampung halaman dan kembali bersilaturahmi bersama keluarga," ujar Indah Preastuty.

Indah Preastuty melanjutkan, dengan banyaknya pemudik yang mengikuti Mudik Bersama BUMN ini secara langsung turut mendukung program pemerintah untuk menekan angka pemudik yang menggunakan sepeda motor, serta menciptakan arus mudik yang selamat, aman, dan nyaman.

Direncanakan, di tanggal 8 April mendatang AP1 akan kembali melepas keberangkatan peserta mudik dengan menggunakan moda transportasi kapal laut dan kapal penyeberangan.

Sebanyak 55 peserta mudik dijadwalkan akan diberangkatkan dengan KM SInabung dari Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Baca juga : Mudik Asyik Bersama BUMN 2024, TelkomGroup Berangkatkan Ribuan Orang

Serta sebanyak 696 penumpang dijadwalkan akan diberangkatkan dengan kapal penyeberangan dari Pelabuhan Hunimua menuju Pelabuhan Waipirit.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.