Dark/Light Mode

Bos Badan Pangan Pastikan Stok Daging Sapi Aman Jelang Lebaran

Selasa, 9 April 2024 08:55 WIB
Kepala Badan Pangan Nasional (National Food Agency/NFA), Arief Prasetyo Adi. (Foto: Ist)
Kepala Badan Pangan Nasional (National Food Agency/NFA), Arief Prasetyo Adi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang Lebaran, Kepala Badan Pangan Nasional (National Food Agency/NFA), Arief Prasetyo Adi memastikan pasokan daging aman.

“Hari ini hampir tidak ada keluhan mengenai harga daging, hari ini juga tidak ada keluhan mengenai stok daging yang ada, jadi kita bisa selesaikan dengan baik untuk menyambut hari raya Idul Fitri 1445 H.” Ujar Arief dikutif dari situs Badan Pangan Nasional, Selasa (9/4/2024).

Arief mengatakan, situasi geopolitik yang tidak stabil dan melonjaknya harga pangan merupakan tantangan untuk memenuhi ketahanan pangan.

Baca juga : Pengamat Dukung Upaya BNPT Optimalkan Pencegahan Aksi Teror Jelang Lebaran

“Kemudian khusus untuk ketahanan pangan, kemarin saya bersama Bapak Presiden 4 hari ke Jambi dan beberapa tempat seperti Muara Bungo dan Merangin. Memang tahun ini harga daging sangat baik, kalau ada peningkatan itu memang karena memang currency rate tinggi, sehingga yang terpenting adalah ketersediaan.” Papar Arief.

Untuk diketahui, berdasarkan data Badan Pangan Nasional, harga daging sapi murni turun Rp 1.020 menjadi Rp 140.250 per kg dari sebelumnya Rp 141.270 per kg.

Tingkatkan Pengawasan

Baca juga : Kapolda Jabar Pastikan Arus Mudik Bogor-Sukabumi Aman

Dalam rangka pengawasan keamanan pangan segar menjelang Lebaran, Direktorat Pengawasan Penerapan Standar Keamanan dan Mutu Pangan Badan Pangan Nasional melakukan pengawasan.

Pengawasan keamanan pangan dilakukan melalui: pengambilan contoh, pengujian residu pestisida dan formalin menggunakan rapid test kit, pengawasan label dan iklan pangan segar, sertapemantauan harga pangan bahan pokok.

Hasil pengawasan menunjukkan bahwa komoditas pangan yang beredar dimasyarakat aman dikonsumsi, beberapa komoditas pangan segar sudah memenuhi ketentuan terkait label dan iklan pangan segar serta ketersediaan dan harga pangan pokok cukup aman dan stabil.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.