Dark/Light Mode

Jokowi Dan Mendag Pantau Pangan Kebutuhan Pokok

Jelang Lebaran, Stok Cukup Dan Harga Stabil

Minggu, 7 April 2024 07:10 WIB
Presiden Jokowi meninjau Pasar Muarao Bungo, Rabu (04/04/2024), di Jambi. (Foto: BPMI Setpres)
Presiden Jokowi meninjau Pasar Muarao Bungo, Rabu (04/04/2024), di Jambi. (Foto: BPMI Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H atau Lebaran 2024, Pemerintah mengklaim stok kebutuhan pokok cukup dan harganya stabil. Bahkan, harga beras mengalami penurunan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau ketersediaan dan harga sejumlah bahan pokok di Pasar Rakyat Merangin, Ka­bupaten Merangin, Jambi, Rabu (3/4/2024). Hal ini dilakukan untuk memantau perkembangan stok dan harga pangan menje­lang Lebaran.

“Saya lihat di sini bagus, harga pangan stabil, tadi bawang merah Rp 35 ribu per kilogram (kg), bawang putih Rp 40 ribu per kg, sama seperti di provinsi-provinsi yang lain,” kata Presiden dalam keterangan resmi Sekretariat Kabinet, Kamis (5/4/2024).

Baca juga : InJourney Ingin Jadi Operator Kelas Dunia

Jokowi mengapresiasi stabili­tas harga yang berhasil dijaga se­pekan menjelang Hari Raya Idul Fitri, utamanya harga beras yang dalam beberapa bulan terakhir terus mengalami kenaikan.

“Yang paling penting harga-harga semuanya baik, utamanya beras. Di sini harganya baik,” ujar Presiden.

Terkait ketersediaan, Jokowi mengatakan bahwa stok beras masih dalam kondisi yang aman. Selain itu, harga sejumlah kebu­tuhan pokok lainnya juga masih relatif stabil.

Baca juga : KPK Sudah Gelar Perkara Lagi Lho

“Stoknya tidak ada masalah, beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) dari Bulog juga ada semua, artinya secara stok dan harga aman. Harga juga tadi saya lihat baik semua,” ujar Jokowi.

Di tempat terpisah, Menteri Per­dagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) juga memastikan sebagian besar harga pangan cenderung tu­run jelang Lebaran, khususnya di Pulau Jawa dan Sumatera.

“Kita syukuri jelang akhir Ramadan, Alhamdulillah har­ga-harga (pangan) cenderung turun,” kata Zulhas di Jakarta, Senin (1/4/2024).

Baca juga : Monza Vs Napoli, Misi Kebangkitan Partenopei

Dia menyebut, untuk harga beras di sejumlah pasar yang ada di Jawa dan Sumatera rata-rata turun sekitar di angka Rp 3.000 hingga Rp 1.000 per kg.

Harga beras saat ini diklaim hampir mendekati Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.