Dark/Light Mode

Menteri Erick Dukung Wartawan Pulang Kampung Naik Kereta Wisata

Selasa, 9 April 2024 15:16 WIB
Kementerian BUMN turut mendukung kegiatan Forum Wartawan (FW) BUMN yang kembali mengadakan program Mudik Gratis 2024 menggunakan Kereta Wisata untuk para jurnalis.
Kementerian BUMN turut mendukung kegiatan Forum Wartawan (FW) BUMN yang kembali mengadakan program Mudik Gratis 2024 menggunakan Kereta Wisata untuk para jurnalis.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama sejumlah perusahaan pelat merah, turut mendukung kegiatan Forum Wartawan (FW) BUMN yang kembali mengadakan program Mudik Gratis 2024 menggunakan Kereta Wisata untuk para jurnalis.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan insan media, terhadap program Mudik Asyik Bersama BUMN yang digagas Menteri BUMN Erick Thohir.

Menteri Erick mengatakan, pihaknya mendukung penyelenggaraan Mudik Gratis FWBUMN 2024 dan berharap rekan-rekan media dapat dengan aman dan nyaman selama perjalanan dengan kereta api.

“Sebagai mitra dari Kementerian BUMN dan perusahaan-perusahaan BUMN, tentunya apa yang dilakukan rekan-rekan dari FWBUMN ini sangat positif," ujarnya, melalui siaran pers, Selasa (9/4/2024).

Baca juga : 4 Menteri Bersaksi Di MK, Gibran Puas

Erick yang juga Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menekankan, semua pihak konsisten dalam mendukung penyelenggaraan arus mudik yang kondusif dengan mengedepankan keamanan dan keselamatan pemudik.

"Semoga, rekan-rekan media dapat dengan aman dan nyaman selama dalam perjalanan," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua FWBUMN Riky Anwardi mengatakan, program FWBUMN Mudik Gratis kali ini diikuti 30 jurnalis, yang berasal dari berbagai media massa nasional.

"Yang pasti, para peserta sudah memenuhi syarat, di antaranya dengan telah mengirimkan KTP serta Kartu Pers," katanya.

Baca juga : Perhutani Group Dukung Program Cikole Kampung Re/UpCycle Bebas Sampah

Lebih lanjut Riky menjelaskan, para jurnalis diberangkatkan dari Stasiun Gambir, Jakarta, menggunakan kereta wisata jenis Priority, pada Senin (8/4/2024) sekitar pukul 22.40 WIB.

Selanjutnya, kereta yang dikelola anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI ini, akan tiba di tujuan akhir Madiun, Jawa Timur, pada Selasa (9/4/2024) pukul 08.08 WIB.

Riky merinci, tujuan Mudik Gratis FWBUMN kali ini berangkat dari Jakarta menuju Cirebon-Purwokerto-Kroya- Kebumen-Kutoarjo-Yogyakarta-Solo Balapan-Madiun.

Ia menambahkan, selama perjalanan para pemudik dapat menikmati fasilitas yang ada di kereta wisata ini, mulai dari layanan karaoke hingga hidangan untuk sahur.

Baca juga : Menteri LHK Beri Dukungan Delegasi Trisakti Di Kompetisi Lingkungan Internasional

Tak hanya itu, pada pelaksanaan Mudik Gratis FWBUMN 2024 ini juga didukung oleh beberapa BUMN, di antaranya PT Pertamina (Persero), Bank BNI, PT KAI, Perum Bulog, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, Bank Mandiri, Jamkrindo, Pegadaian, InJourney, Bank BTN, Mind ID, IFG, PPA, Biofarma, Pelabuhan Indonesia (Pelindo), PT Perkebunan Nusantara (PN) III, Pupuk Indonesia, Krakatau Steel dan BSI.

"Kami harap, program Mudik Gratis ini bisa terus berlanjut ke depannya karena turut membantu rekan-rekan jurnalis untuk bisa bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman," tutupnya.

Sebagai gambaran, Kereta Wisata Priority, dikelola KAI Wisata, yang merupakan anak usaha PT KAI. Kereta ini, merupakan salah satu tipe kereta wisata yang paling banyak kapasitasnya, yaitu tersedia 30 tempat duduk dan dilengkapi LCD TV layar sentuh pada tiap kursi, meja portable, power socket di sebelah kursi, ruang kaki yang luas dan bagasi.

Untuk menambah kenyamanan dalam membaca, tersedia lampu baca pada atap kursi. Serta, dilengkapi ruang Mini Bar guna menambah kenyamanan selama perjalanan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.