Dark/Light Mode

Dukung Infrastruktur EV Saat Mudik, PLN Icon Plus Perkuat Konektivitas & Digitalisasi

Selasa, 9 April 2024 20:34 WIB
PLN Icon Plus beri dukungan infrastruktur EV Mudik Idul Fitri 1445H untuk memperkuat konektivitas dan digitalisasi. (Foto: PLN Icon Plus)
PLN Icon Plus beri dukungan infrastruktur EV Mudik Idul Fitri 1445H untuk memperkuat konektivitas dan digitalisasi. (Foto: PLN Icon Plus)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka menyambut Idul Fitri 1445 Hijriah, selain memastikan pasokan listrik cukup dan infrastruktur kelistrikan aman, PT PLN (Persero) juga mendukung mobilisasi mobil listrik (Electric Vehicle/EV) agar pelaksanaan mudik dapat berjalan dengan aman dan nyaman. Dukungan ini ditunjukkan dengan disiapkannya Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di berbagai titik sepanjang jalur mudik di Jawa dan Sumatera. Secara total, saat ini terdapat 1.299 unit SPKLU di sepanjang rute Palembang-Banyuwangi, yang siap melayani pengguna mobil listrik di seluruh Indonesia. 

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo mengunjungi SPKLU yang berlokasi di KM 13,5 Tol Jakarta-Merak, Senin (8/4). Kunjungan ini untuk mengecek kesiapan layanan SPKLU dalam menyambut Idul Fitri. Sebelumnya telah dilakukan kunjungan serupa ke SPKLU Kecamatan Seradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. 

Baca juga : Jaga Persatuan Umat Islam, Muhammadiyah Perkuat Basis Jamaah Digital

Pada kunjungan tersebut, turut hadir Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi sebagai bentuk komitmen dukungan pengembangan digitalisasi infrastruktur dan ekosistem kendaraan listrik serta secara aktif membangun ekosistem hijau yang berkelanjutan. Dukungan PLN Icon Plus kepada PT PLN (Persero) diharapkan mampu mendorong terciptanya ekosistem hijau yang berkelanjutan serta menjadikan perayaan Idul Fitri tidak hanya sebagai momentum silaturahmi, tetapi juga sebagai wujud nyata kepedulian terhadap lingkungan

“Dukungan PLN Icon Plus ini adalah wujud nyata dari visi kami untuk memimpin digitalisasi dan transformasi energi di PLN Group sebagaimana yang telah ditugaskan dari PT PLN (Persero) serta menyukseskan keandalan sistem kelistrikan selama Idul Fitri,” ucapnya, seperti keterangan yang diterima redaksi, Selasa (9/4).

Baca juga : Genjot Pembangunan Infrastruktur Gas Bumi, PGN Perkuat Utilisasi Gas Domestik

Dukungan PLN Icon Plus salah satunya memastikan seluruh SPKLU yang tersedia telah melalui uji compatibility dan telah memenuhi standar protokol komunikasi. Selain itu, pada aplikasi PLN Mobile, PLN Icon Plus mendukung pengembangan fitur Trip Planner yang memudahkan pengguna kendaraan listrik dalam merencanakan perjalanan untuk menjamin penggunaan daya yang efisien.

“Di PLN Mobile, kami juga mendukung PLN melalui pengembangan fitur Hot Line SPKLU yang dapat memberikan kemudahan bagi para pemudik jika mengalami kendala selama mudik yang siaga 7x24 jam. Dengan begitu, perjalanan mudik dengan kendaraan listrik semakin nyaman dan aman,” tutup Ari Rahmat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.