Dark/Light Mode

Jasa Marga Diskon Tarif Tol Semarang-Cikampek 20 Persen, Ini Jadwalnya

Kamis, 11 April 2024 20:51 WIB
Gerbang Tol Cikampek Utama. (Foto: Ist)
Gerbang Tol Cikampek Utama. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan kembali memberikan diskon  20 persen tarif Tol Trans Jawa dari Semarang, Jawa Tengah menuju Jakarta saat arus balik.

“Potongan tarif tol 20 persen untuk Jalan Tol Trans Jawa dari Semarang menuju Jakarta pada periode Rabu, 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB,” kata Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Kamis (11/4/2024).

Menurut dia, pemberlakuan potongan tarif tol untuk mendistribusikan lalu lintas, agar tidak terkonsentrasi pada satu waktu. Arus balik akan mulai meningkat pada H+2 sampai dengan H+4 Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah atau pada Sabtu, 13 April 2024 sampai dengan Senin, 15 April 2024.

Baca juga : Puncak Arus Mudik Di Jalur Nagreg Naik 5 Persen Di H-2 Lebaran

Ia mengatakan, potongan tarif tol tersebut hanya berlaku untuk perjalanan menerus, bagi pengguna jalan yang melakukan tap in dari GT Kalikangkung dan melakukan tap out di GT Cikampek Utama.

Faiza menambahkan, potongan tarif hanya akan berlaku jika transaksi dilakukan dengan menggunakan uang elektronik (e-Toll). Potongan tarif tidak berlaku apabila transaksi dengan saldo e-Toll tidak mencukupi atau tidak terbaca asal dan golongan kendaraan.

Untuk itu sebelum memulai perjalanan, Faiza mengimbau, agar masyarakat memastikan kecukupan saldo e-Toll minimal Rp 500.000 untuk kendaraan golongan I yang melakukan perjalanan dari Semarang ke Jakarta, sehingga menghindari kekurangan saldo saat melakukan transaksi di GT Cikampek Utama serta menghindari antrean di gerbang tol.

Baca juga : Jasa Raharja: Semua Korban Laka Tol Cikampek Dapat Santunan, Ini Besarannya

“Potongan tarif 20 persen akan diberlakukan bagi semua golongan kendaraan,” ujar Faiza.

Lebih lanjut, Faiza mengatakan, untuk perjalanan menerus tersebut, pengguna jalan akan melewati beberapa ruas jalan tol baik jalan tol Jasa Marga Group, di antaranya Jakarta-Cikampek, Palimanan-Kanci, Batang-Semarang dan Semarang Seksi ABC serta jalan tol Non-Jasa Marga Group, di antaranya Cikampek-Palimanan, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang dan Pemalang-Batang.

Faiza mengatakan, pemberlakuan potongan tarif tol akan dihitung pada saat melakukan tap out di gerbang tol keluar yaitu di GT Kalikangkung pada periode arus mudik atau GT Cikampek Utama pada periode arus balik sesuai dengan tanggal dan waktu yang telah ditentukan.

Baca juga : Diskon Tol Jasa Marga Efektif, Volume Lalin GT Kalikangkung Naik 66,2 Persen

Potongan tarif menjadi tidak berlaku apabila pengguna jalan tap out pada hari terakhir pemberlakuan potongan tarif melebihi pukul 05.00 WIB. Maka dari itu, kami mengimbau pengguna jalan untuk mempersiapkan waktu perjalanan sebaik mungkin, agar dapat memanfaatkan potongan tarif 20 persen.

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk mematuhi rambu dan arahan petugas di lapangan serta selalu disiplin dalam ketentuan berkendara di jalan tol, karena gangguan sekecil apa pun yang terjadi akan berdampak pada arus lalu lintas yang ada dan mengakibatkan antrean kendaraan.

“Hindari perjalanan di waktu yang diprediksi menjadi puncak arus balik yang diprediksi jatuh pada Senin, 15 April 2024 untuk menghindari penumpukan kendaraan,” ujar Faiza.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.