Dark/Light Mode

Rupiah Melemah, Harga Minyak Melambung

Pemerintah Mesti Gercep Selamatkan Perekonomian

Minggu, 21 April 2024 07:05 WIB
Rupiah Melemah, Harga Minyak Melambung Pemerintah Mesti Gercep Selamatkan Perekonomian

 Sebelumnya 
Pasalnya, kata dia, meski harga minyak dunia naik, harga berbagai komoditas lain seperti batubara justru anjlok. Selain itu, aliran investasi asing banyak yang keluar dari pasar negara berkembang karena meningkat­nya risiko geopolitik.

“Investor pastinya akan mencari aset yang lebih aman,” kata Bhima di Jakarta, Kamis (18/4/2024).

Menteri Koordinator Bidang Per­ekonomian Airlangga Hartarto me­mastikan konflik Iran-Israel belum banyak berpengaruh ke Indonesia karena fundamental perekonomian Indonesia cukup kuat.

Baca juga : IPO MIND ID Perkuat Investasi Dan Bisnis

“Tapi kita tetap terus me­mantau kondisi kenaikan harga minyak dunia dan memberikan respons sesuai kondisi. Kita tidak mau mengandai-andai,” kata Airlangga di Jakarta, Kamis (18/4/2024).

Ketua Umum Partai Golkar itu juga memastikan Pemerintah telah menyiapkan skenario untuk mere­dam dampak gejolak geopolitik global ke perekonomian Indone­sia, terutama bagi sektor riil.

“Pasti kita siapkan (antisi­pasi). Namun sekarang kita masih menunggu perkembangan (konf­lik Iran-Israel),” kata Airlangga.

Baca juga : Seragam Adat Di Sekolah Tambah Beban Orang Tua

Dia mengatakan, sejauh ini potensi eskalasi antara Iran dan Israel belum terlihat signifikan. Apalagi para pemimpin dunia sejauh ini masih satu suara, ingin menghindari eskalasi.

Airlangga juga meyakini in­vestor masih memiliki tingkat kepercayaan yang baik terhadap ketahanan ekonomi Indonesia. Perekonomian nasional juga diperkirakan tetap tumbuh di kisaran 5 persen tahun ini.

“Ekonomi global diperkirakan flatten atau tetap di kisaran 3,5 persen, sedangkan Indonesia 5,1 persen di 2025. Negara berkem­bang pun rata-rata ekonominya hanya tumbuh di 4,2 persen,” kata dia. NOV

Baca juga : Real Madrid Vs Barcelona, El Real Waspadai Blaugrana

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 7, edisi Minggu, 21 April 2024 dengan judul "Rupiah Melemah, Harga Minyak Melambung, Pemerintah Mesti Gercep Selamatkan Perekonomian"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.