Dark/Light Mode

Asuransi Astra Berikan Literasi Keuangan ke Nelayan Desa Tanjung Pasir, Tangerang

Rabu, 24 April 2024 17:28 WIB
Tim Asuransi Astra memberikan materi literasi dan inklusi keuangan ke nelayan di Desa Tanjung Pasir, Tangerang, Selasa (23/04). (Foto: Istimewa)
Tim Asuransi Astra memberikan materi literasi dan inklusi keuangan ke nelayan di Desa Tanjung Pasir, Tangerang, Selasa (23/04). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia merupakan negara maritim yang menjadi salah satu penghasil ikan terbesar di dunia. Menurut data Kementerian Kelautan dan Perikanan, pada 2023, hasil produksi ikan di Indonesia mencapai 24,7 juta ton. Karena itu, peningkatan kesejahteraan nelayan melalui literasi dan inklusi keuangan menjadi salah satu perhatian besar Pemerintah tahun ini.

Dalam membantu Pemerintah, dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan, Asuransi Astra menyelenggarakan literasi dan inklusi keuangan bagi para nelayan di Desa Tanjung Pasir, Tangerang, Selasa (23/04) bertepatan dengan Hari Nelayan Nasional yang juga jatuh pada April.

Baca juga : Perdagangan RI Dan Timteng Masih Aman

Guna mendongkrak percepatan pencapaian pada target inklusi keuangan Indonesia yang harus mencapai 90 persen pada 2024, pada kegiatan ini Asuransi Astra memberikan literasi keuangan kepada nelayan. Tujuannya, meningkatkan pemahaman mengenai manajemen keuangan yang baik sehingga mampu bertahan dalam jangka panjang dan menghadapi risiko yang mungkin terjadi di masa depan. Materi disampaikan Unit Manager Environment and Social Responsibility Asuransi Astra, Abdullah Kholifah.

Kepada para nelayan, Kholif mengingatkan pentingnya pengendalian risiko terhadap kejadian tak terduga seperti mengasuransikan aset hingga diri dan keluarga. Sebab, profesi nelayan memiliki risiko tinggi seperti bencana alam, kecelakaan di laut, hingga tangkapan ikan yang cenderung musiman.

Baca juga : Lewat Pompanisasi, Jabar Akselerasi Perluasan Areal Tanam Sawah Tadah Hujan

"Manajemen keuangan ini juga bukan hanya berfokus pada biaya operasional melaut namun juga pada pengelolaan keuangan personal masing-masing nelayan agar mencapai kesejahteraan yang merata," ucapnya, seperti keterangan yang diterima redaksi, Rabu (24/4).

Pada kesempatan ini, Asuransi Astra juga memberikan inklusi keuangan berupa asuransi kecelakaan diri Garda Me Micro kepada seluruh peserta yaitu para nelayan. Pemberian ini selain meningkatkan inklusi masyarakat dalam mendapatkan akses terhadap produk keuangan, juga bertujuan untuk memberikan pengalaman berasuransi kepada nelayan sehingga pada akhirnya mereka secara nyata memahami manfaat positif yang diberikan dalam meminimalisir dampak risiko yang merugikan khususnya ketika sedang bekerja.

Baca juga : Prabowo-Erdogan Juga Bahas Potensi Kerja Sama Dan Penyelesaian Konflik Palestina

VP Governance, Risk Management, Compliance and Corporate Secretary Asuransi Astra, Djoko Nugroho Anindito, menerangkan, manajemen keuangan ini bukan hanya penting dari sudut pandang profesi, tetapi juga dalam pengambilan keputusan para nelayan dalam menjalani keseharian. Pihaknya harap, melalui perolehan literasi dan inklusi keuangan yang diberikan Asuransi Astra, para nelayan dapat mengembangkan kebiasaan baru dalam mengelola keuangan jangka panjang sehingga dapat mencapai kesejahteraan bagi dirinya dan keluarga.

"Semoga juga Garda Me Micro yang kami berikan dapat bermanfaat dan memberikan pengalaman baik yang akhirnya dapat meningkatkan kesadaran para nelayan untuk menggunakan produk asuransi hingga produk keuangan lainnya sesuai dengan kebutuhan agar dapat merasakan peace of mind di setiap waktu,” ujar Djoko Nugroho.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.