Dark/Light Mode

Garuda Operasikan 2 Penerbangan Kemanusian Ke Sudan Dan Palestina

Rabu, 3 April 2024 20:43 WIB
Presiden Jokowi saat seremoni pengiriman bantuan ke Sudan dan Palestina. (Foto: Ist)
Presiden Jokowi saat seremoni pengiriman bantuan ke Sudan dan Palestina. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Garuda Indonesia mengoperasikan dua penerbangan kemanusiaan menuju Sudan dan Kairo. Bantuan diangkut dengan armada Airbus A330-200 dan A330-900 Neo. 

Pada kedua penerbangan yang dioperasikan dalam misi kemanusiaan tersebut, Garuda akan mengangkut sedikitnya 28,47 ton bantuan untuk masyarakat Sudan dan Palestina. Bantuan tersebut merupakan inisiasi Pemerintah RI melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang terdiri dari obat-obatan serta alat kesehatan untuk warga sipil yang menjadi korban konflik di Palestina dan Sudan. 

Baca juga : Jokowi Lepas Bantuan Kemanusiaan Rp 30 Miliar Untuk Palestina Dan Sudan

Penerbangan misi kemanusiaan tersebut secara resmi dilepas oleh Presiden Jokowi pada pagi ini dan direncanakan akan diberangkatkan secara bertahap. Adapun penerbangan ke Port Sudan nantinya akan dilayani melalui Jeddah dan diberangkatkan dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Rabu (3/4/2024), pukul 23.45 WIB untuk selanjutnya tiba di Port Sudan pada pukul 08.00 LT keesokan harinya. 

Sementara penerbangan menuju Kairo akan dilayani melalui Jeddah dan diberangkatkan dari Bandara Halim Perdana Kusuma pada pukul 01.00 WIB dan direncanakan akan tiba di Bandara Internasional Cairo pada pukul 10.10 LT.

Baca juga : Panggil 4 Menteri, MK Penuhi Sebagian Kemauan 01 Dan 03

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan, penerbangan kemanusiaan tersebut merupakan bentuk komitmen Garuda untuk senantiasa menjalankan mandatnya sebagai national flag carrier, dalam mendukung penuh misi bangsa Indonesia dalam menyuarakan pesan kemanusiaan dalam forum global.

“Menjadi momen penuh arti tersendiri bagi kami untuk dapat turut berkontribusi dalam merealisasikan misi kemanusiaan Indonesia kepada masyarakat dunia, pengiriman bantuan ini tidak hanya merepresentasikan komitmen kami untuk senantiasa berada di garda terdepan untuk menjalankan misi kebangsaan namun juga sebagai bagian dari wujud solidaritas bagi masyarakat Palestina dan Sudan yang saat ini sangat membutuhkan dukungan berbagai pihak,” ujarnya.

Baca juga : Kemenhub Bakal Tertibkan Penerbangan Balon Udara

Irfan melanjutkan, pengangkutan bantuan kemanusiaan dari rakyat Indonesia untuk rakyat Palestina dan Sudan tersebut dilaksanakan melalui koordinasi intensif bersama para pemangku kepentingan, khususnya berkenaan dengan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan antarnegara.  

“Berkenaan dengan pengangkutan bantuan kemanusiaan ini, kami ingin menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kelancaran seluruh proses penerbangan kemanusiaan ini. Semoga sinergi kita dalam misi kemanusiaan ini memberikan lebih dari sekadar manfaat bagi saudara-saudara kita di Palestina dan Sudan, melainkan juga penyemangat serta pesan persaudaraan dari bangsa Indonesia,” tutup Irfan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.