Dark/Light Mode

Tokopedia Dorong Pelaku UMKM Perempuan Kelola Bisnis Ramah Lingkungan

Kamis, 25 April 2024 09:16 WIB
Tokopedia terus memberdayakan perempuan pelaku UMKM dan membantu pelaku usaha yang bergerak di bisnis ramah lingkungan untuk mencapai lebih lewat pemanfaatan teknologi. (Foto: Dok. Tokopedia)
Tokopedia terus memberdayakan perempuan pelaku UMKM dan membantu pelaku usaha yang bergerak di bisnis ramah lingkungan untuk mencapai lebih lewat pemanfaatan teknologi. (Foto: Dok. Tokopedia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tokopedia dan TikTok, melalui Shop Tokopedia terus memberdayakan perempuan pelaku UMKM dan membantu pelaku usaha yang bergerak di bisnis ramah lingkungan untuk mencapai lebih lewat pemanfaatan teknologi.

“Peran UMKM sangat penting dalam pembangunan ekonomi nasional. Di Tokopedia dan Shop | Tokopedia pada aplikasi TikTok, sudah ada lebih dari 21 juta penjual dan hampir 100 persen pelaku UMKM lokal, termasuk perempuan pelaku UMKM yang memiliki bisnis ramah lingkungan,” jelas Communications Senior Lead Tokopedia, Antonia Adega dalam keterangannya, Rabu (24/4/2024).

Antonia mengatakan, di Tokopedia, jumlah perempuan pelaku usaha yang memulai bisnis selama pandemi meningkat 1,5 kali lipat lebih tinggi dibanding laki-laki (Riset LPEM FEB UI 2020).

Selain itu, selama 2023 (pascapandemi) dibandingkan 2020 (pandemi), Palembang, Tangerang, Surabaya, Makassar dan Denpasar merupakan beberapa wilayah dengan kenaikan tertinggi jumlah perempuan pelaku usaha, dengan rata-rata kenaikan lebih dari 2,5 kali lipat.

Baca juga : BSI Genjot Pembiayaan Kendaraan Ramah Lingkungan Kurangi Emisi Karbon

"Artinya, keterlibatan perempuan di sektor kewirausahaan, dalam hal ini melalui Tokopedia, makin meningkat dari waktu ke waktu,” ujar Antonia.

Untuk makin mendorong partisipasi perempuan di sektor kewirausahaan, Tokopedia dan Shop | Tokopedia melakukan berbagai inisiatif. Contohnya, Kelas Perempuan Maju Digital, program kolaborasi dengan pemerintah daerah yang berfokus pada pelatihan digitalisasi usaha dan literasi keuangan para perempuan pelaku UMKM.

Selain memberdayakan perempuan pelaku UMKM, Tokopedia dan Shop | Tokopedia juga membantu kemajuan pelaku usaha yang bergerak di bisnis ramah lingkungan.

Lewat halaman khusus Tokopedia Hijau, masyarakat bisa lebih mudah menemukan berbagai produk ramah lingkungan yang terkurasi dari pelaku usaha lokal, seperti Klandizie dan Serenitree.

Baca juga : Diduga Goda Anggota PPLN Perempuan, Ketua KPU Belum Kapok?

Bisnis yang dibangun Yani Suryani dan Amanda, yakni Klandizie sebagai bisnis kecil-kecilan untuk menjual barang ramah lingkungan preloved di Tokopedia, menuai keuntungan. Klandizie yang berarti good will, bisnis ini menerapkan konsep sustainability dan zero waste dengan produk perlengkapan kebersihan tubuh seperti sikat gigi dan sisir dari bambu.

"Kami berusaha mengurangi plastik berbasis minyak bumi baik pada produk maupun kemasan serta bahan yang digunakan mayoritas berasal dari Jawa Barat. Kami juga memberdayakan perajin dari Bandung, Cimahi dan Banten," jelas Co-Founder Klandizie, Amanda.

Sementara itu pada 2021, Sandra Djajadisastra mulai mengembangkan brand Serenitree, dan pada Januari 2023 meluncurkan produk pertamanya, yaitu sabun mandi dan body lotion.

"Saya ingin mempermudah lebih banyak orang yang juga memiliki masalah kulit sensitif melalui produk yang kami buat. Maka, dalam menghasilkan produk, kami menggunakan bahan alami," ungkap Sandra.

Baca juga : Tokopedia Catat Donasi dan Pembayaran Zakat Hingga Rp 7,8 Miliar di Ramadan 2024

Dalam mengembangkan brand awareness dan mempermudah masyarakat mengakses produknya, Serenitree bergabung di Tokopedia dan Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok pada tahun 2023.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.