Dark/Light Mode

Diumumkan Sri Mulyani Di Instagram

APBN Kita Segagah Timnas Garuda Muda

Minggu, 28 April 2024 08:00 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan keterangan saat konferensi pers APBN KiTa edisi April 2024 di Jakarta, Jumat (26/4/2024). (Foto: ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/foc)
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan keterangan saat konferensi pers APBN KiTa edisi April 2024 di Jakarta, Jumat (26/4/2024). (Foto: ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/foc)

RM.id  Rakyat Merdeka - Banyak pihak yang mengkhawatirkan dampak panasnya geopolitik Timur Tengah kepada ekonomi Indonesia. Menanggapi hal itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan, Anggaran Belanja dan Pendapatan Negara (APBN) Indonesia segagah Timnas Garuda Muda.

“Situasi #APBNKiTa saat ini seperti kemenangan Timnas Indonesia melawan Korsel pada pertandingan perempat final Piala Asia U-23 AFC,” tulis Sri Mul di Instagram pribadinya, @smindrawati.

Seperti diketahui. Anak asuh Shin Tae-yong (STY) berhasil menghentikan laju Korea Selatan (Korsel) di Piala Asia U-23. Padahal, Negeri Gingseng itu merupakan tim yang diunggulkan.

Baca juga : ESDM Wujudkan Listrik Murah

Meski kuat, Sri Mul mengatakan, APBN masih harus menghadapi tantangan yang tidak mudah. Perlu kehati-hatian, kesiapan, dan fokus agar masing-masing bisa mencapai tujuan.

“Timnas membawa kemenangan untuk Indonesia. Sementara, APBN melindungi masyarakat dan menjaga stabilitas perekonomian Indonesia di tengah gejolak situasi global,” harapnya.

Saat ini, kata dia, perekonomian global masih lemah dihantam tekanan bertubi-tubi, terutama dari sisi geopolitik. Alhasil, mengakibatkan disrupsi rantai pasok, dan volatilitas harga komoditas.

Baca juga : PDIP Akan Ambil Putusan Masuk Koalisi Atau Oposisi

Di sisi lain, perekonomian Amerika mulai pulih, tapi inflasi masih tinggi. Hal itu menyebabkan kebijakan suku bunga tinggi masih berlanjut, melampaui ekspekrati pasar.

“Ini yang menyebabkan obligasi Amerika dan indeks dolar menguat. Sehingga terjadi arus modal keluar di banyak negara, dan perlemahan mata uang selain dollar,” urai Sri Mul.

Namun, ia menegaskan, ekonomi Indonesia masih terjaga. Proyeksinya, pertumbuhan ekonomi kuartal I-2024 sekitar 5 persen. Indikatornya membanggakan. Purchasing Managers Index (PMI) masih ekspansif di 54,2, Indeks Keyakinan Konsumen masih tinggi di 123,8, Mandiri Spending Index tumbuh di 46,9, Indeks Penjualan Rill 3,5 persen yoy, dan inflasi juga terkendali di 3,05 persen.

Baca juga : Kang Emil Maju Lagi Di Pilgub Jawa Barat

“Untuk itu, APBN akan terus dikelola dengan penuh kehati-hatian, serta responsif terhadap risiko global yang sangat dinamis,” janji Sri Mul.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.