Dark/Light Mode

Long Weekend, Kereta Whoosh Angkut Lebih Dari 78 Ribu Penumpang

Minggu, 12 Mei 2024 15:30 WIB
Antrian penumpang kereta whoosh saat long weekend melonjak tajam.
Antrian penumpang kereta whoosh saat long weekend melonjak tajam.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat hingga 11 Mei 2024, ada 78 ribu penumpang telah melakukan perjalanan dengan kereta cepat Whoosh sejak 8 Mei 2024.

Secara keseluruhan peningkatan penumpang mencapai sebesar 28% jika dibandingkan dengan hari biasa.

General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa mengatakan pada periode kali ini, KCIC rata-rata melayani sebanyak 19 sampai 20 ribu penumpang per hari. Jumlah ini meningkat dari biasanya di 15 sampai 16 ribu penumpang per hari.

"Banyak penumpang yang memanfaatkan Whoosh karena menawarkan perjalanan yang efisien dan nyaman sehingga waktu liburan tidak habis diperjalanan.Program promo ke tempat wisata juga menjadi nilai tambah bagi para penumpang karena memberi banyak manfaat pada libur panjang akhir pekan ini,” jelasnya.

Baca juga : Long Weekend, Penumpang Whoosh Naik 28 Persen, Lebih Dari 20 Ribu Tiket Ludes

Pada 8-12 Mei 2024, KCIC telah mengoperasikan total 240 perjalanan Kereta Cepat Whoosh atau 48 perjalanan setiap harinya.

Seluruh perjalanan Whoosh pada periode libur panjang akhir pekan ini berjalan lancar, aman, dan tanpa kendala.

Adapun jumlah penumpang tertinggi secara keseluruhan terjadi pada 8 dan 9 Mei, yaitu lebih dari 20 ribu penumpang per hari yang menggunakan Whoosh.

Sedangkan puncak keberangkatan penumpang dari Stasiun Halim terjadi pada 9 Mei sekitar 12 ribu penumpang, naik 22% dibanding hari biasa.

Baca juga : Long Weekend, Kereta Cepat Whoosh Sediakan 28 Ribu Tempat Duduk Per Hari

Untuk perjalanan hari ini, Minggu (12/5) jumlah tiket sementara yang telah terjual hingga pagi hari mencapai 13 ribu tiket. Penumpang didominasi melakukan perjalanan dari Padalarang maupun Tegalluar menuju Halim.

Jumlah tersebut, masih akan mengalami peningkatan, mengingat penjualan tiket hingga kereta terakhir masih berlangsung.

Adapun jadwal Whoosh yang menjadi favorit masyarakat dari Tegalluar dan Padalarang menuju Halim tersebut adalah mulai keberangkatan pukul 11.00 hingga pukul 17.00 di mana okupansinya sudah berada di atas 85%.

Eva mengatakan, KCIC memprediksi penumpang masih akan tinggi bahkan hingga Senin pagi, khususnya untuk relasi menuju Stasiun Halim.

Baca juga : Tol ke Stasiun Whoosh Karawang Belum Dibangun, Ini Penjelasan PUPR

Di hari terakhir libur panjang ini akan banyak yang memanfaatkan Whoosh untuk Kembali ke Jakarta sebelum kembali bekerja di Senin 13 Mei 2024.

“Alhamdulillah di libur panjang kali ini lonjakan penumpang sangat tinggi dan KCIC berhasil melayani seluruhnya dengan baik. Semua pelayanan berjalan lancar dan masyarakat dapat menghabiskan libur panjang akhir pekannya dengan nyaman.” tutup Eva

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.