Dark/Light Mode

Charity Run BAF 2024 Utamakan Peserta Dari Kelompok IBK

Sabtu, 18 Mei 2024 07:36 WIB
Charity Run BAF 2024 Utamakan Peserta Dari Kelompok IBK

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk keenam kalinya, Yayasan Lions Indonesia (YLI) bersama PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menggelar acara BAF Lions Run. Kali ini, tema yang diusung adalah "Run for The Youth" dengan tujuan mengembangkan potensi generasi muda Indonesia, khususnya Insan Berkemampuan Khusus (IBK).

"Tema ini sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) Indonesia nomor 4, 5, dan 8, yaitu pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, serta pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi," ujar Ketua Pengurus Yayasan Lions Indonesia, Willy Suwandi Dharma, dalam keterangannya, Jumat (17/5/2024) malam.

Ia menyebutkan, akan ada berbagai kegiatan yang sesuai dengan semangat Lions Clubs International, antara lain: childhood cancer, vision, diabetes, environment, relieving hunger, youth, disaster relief, dan humanitarian service. "Acara ini didukung penuh oleh BAF sebagai title sponsor," tambahnya.

Presiden Direktur BAF, Lynn Ramli, mengungkapkan bahwa dukungan mereka terhadap charity run ini sejalan dengan program Corporate Social Responsibility (CSR) berkelanjutan yang telah dijalankan oleh BAF. 

"Event ini merupakan salah satu wujud kepedulian BAF terhadap anak muda Indonesia, terutama Insan Berkemampuan Khusus (IBK), untuk mendapatkan pelatihan yang dibutuhkan agar memiliki kesempatan yang sama untuk memasuki dunia kerja,” ungkap Lynn.

Baca juga : Sabalenka Selamat Dari Petenis Remaja

Lynn berharap setiap tahunnya BAF Lions Run dapat memberikan dampak positif dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang membutuhkan, khususnya generasi IBK.

Managing Director BAF, A Lung Ng, menambahkan bahwa IBK memiliki semangat yang pantang menyerah, sehingga mereka bisa berkarya seperti orang normal.

"Ini yang ingin kami tanamkan kepada mereka," ujarnya.

"Kami di BAF sudah menjalin kerja sama yang baik dengan Lions Club selama bertahun-tahun karena program charity mereka sangat bagus dan perlu didukung," tambah A Lung.

BAF Lions Run 2024 merupakan event charity run hybrid dengan total 4 kategori jarak offline race: 3K Fun Run, 5K, 10K, dan Half Marathon, serta 3 kategori jarak lari virtual yang dapat diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia dan luar negeri: 21K, 42K, dan 100K.

Baca juga : Gelar RUPS Tahunan, Sampoerna Umumkan Pertumbuhan Dan Presdir Baru

Ketua Panitia BAF Lions Run 2024, Eddy Lie, menjelaskan bahwa ada sedikit perubahan untuk acara tahun ini. Pelaksanaan virtual run dilakukan lebih awal sebagai pembuka rangkaian acara pada periode lari 17 Agustus hingga 15 September 2024.

"Sementara untuk offline race akan diadakan pada Minggu, 1 September 2024 di kawasan QBIG BSD City Sinarmas Land, Banten. YLI menggandeng Idea Run dan Cause ID dalam pelaksanaan BAF Lions Run 2024," sebut Eddy.

Menurut Eddy, IBK sering kali merasa inferior. Karena itu, melalui program imparsial, BAF memberikan edukasi kepada mereka untuk membangun rasa percaya diri.

"Terkadang mereka memiliki pengetahuan, tetapi belum tentu memiliki keberanian untuk masuk ke pasar kerja dan melamar pekerjaan," ujarnya.

"Kami ingin membangun rasa percaya diri mereka agar mandiri dan memiliki kemampuan untuk masuk ke pasar kerja,” imbuhnya.

Baca juga : Marina Beauty Journey 2024 Hadirkan Inspirasi Cinta Budaya Lokal

Terkait target, Eddy menjelaskan bahwa tahun ini mereka menargetkan 4.500 peserta. Hingga saat ini, sekitar 700 orang telah mendaftar untuk kategori offline.

Pendaftaran untuk seluruh kategori telah dibuka sejak 26 April 2024 hingga 30 Juni 2024 melalui website baflionsrun.id. Informasi lebih lanjut dapat dilihat melalui akun Instagram BAF Lions Run (@lionsrunindonesia), Idea Run (@idea.run), dan Cause ID (@causeid).

"Semua keuntungan dari acara ini akan disumbangkan kepada program Youth Charity Run. Kami berharap event ini akan menjadi agenda rutin tahunan," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.