Dark/Light Mode

Apresiasi Kinerja Di 2023, Pupuk Kaltim Beri Reward 15 Distributor Ritel Terbaik

Sabtu, 18 Mei 2024 08:18 WIB
Pupuk Kaltim mengapresiasi 15 distributor terbaik dari regional Kalimantan, Sulawesi, Jawa, Sumatera dan Nusa Tenggara untuk tahun kinerja 2023. (Foto: Dok. Pupuk Kaltim)
Pupuk Kaltim mengapresiasi 15 distributor terbaik dari regional Kalimantan, Sulawesi, Jawa, Sumatera dan Nusa Tenggara untuk tahun kinerja 2023. (Foto: Dok. Pupuk Kaltim)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) mengapresiasi 15 distributor terbaik dari regional Kalimantan, Sulawesi, Jawa, Sumatera dan Nusa Tenggara untuk tahun kinerja 2023.

Hal ini untuk meningkatkan loyalitas customer ritel dalam memaksimalkan penjualan produk komersil Pupuk Kaltim.

Senior Vice President (SVP) Transformasi Bisnis Pupuk Kaltim Wisnu Ramadhani mengatakan, apresiasi sengaja diberikan atas kinerja para distributor selama satu tahun terakhir, dengan realisasi penjualan yang signifikan.

Mengingat, pemasaran komersil PKT sepanjang 2023 mencatatkan prestasi, dengan kontribusi terbesar dari seluruh perusahaan di lingkungan Pupuk Indonesia Grup.

"Hal ini juga perwujudan Surat Perjanjian Jual Beli (SPJB) Non Subsidi Ritel, antara Pupuk Kaltim bersama para Distributor. Sehingga, diberikan apresiasi bagi yang memiliki kinerja terbaik sepanjang 2023," ujar Wisnu, melalui keterangannya, Sabtu (18/5/2024).

Menurut Wisnu, apresiasi itu direalisasikan melalui wisata dalam dan luar negeri selama lima hari, pada 8-12 Mei 2024. Wisata dalam negeri dilaksanakan melalui kunjungan para distributor ke Bontang, untuk melihat lebih dekat proses produksi di pabrik Pupuk Kaltim.

"Sementara wisata luar negeri, mengunjungi sejumlah destinasi unggulan di Negeri Gajah Putih alias Thailand," kata Wisnu.

Baca juga : Dukung Efisiensi Energi, Pupuk Kaltim Mulai Proses Revamping Pabrik Tertua 

Menurut Wisnu, Pupuk Kaltim akan terus mendorong, penjualan produk ritel non subsidi semakin bertumbuh melalui kerja sama intensif bersama para distributor. Serta, didukung sisi pelayanan yang juga dioptimalkan agar loyalitas pelanggan turut meningkat, sehingga kinerja penjualan Pupuk Kaltim bisa terus dipacu.

Selama 2023, kata Wisnu, perseroan mampu meningkatkan kinerja penjualan mencapai 2.042.837 metric ton (MT) untuk Urea, disusul Amoniak sebesar 802.737 MT dan NPK sebanyak 2.496 MT.

Wisnu menilai, capaian itu didukung berbagai pengembangan inovasi seperti peningkatan loading rate, perbaikan, serta peningkatan kapasitas dermaga yang beroperasi selama 24 jam, hingga pemilihan agen sesuai kebutuhan buyer dan penyediaan fasilitas cherry picker.

"Maka dengan rewarding, distributor dapat semakin termotivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan produktivitas penjualan produk Pupuk Kaltim di tahun berikutnya," harapnya.

Wisnu menegaskan, distributor merupakan faktor penting terhadap penjualan Pupuk Kaltim dalam mendorong kinerja sektor komersil di tiap daerah.

Sehingga, dukungan optimal pun diberikan seperti penerapan tata niaga yang baik, proses jual beli yang mudah, hingga layanan purna jual secara berkelanjutan.

Selain itu, secara berkala juga menyediakan wadah untuk sarana bertukar pikiran dan menyampaikan aspirasi sebagai bahan evaluasi bersama distributor.

Baca juga : Mudik Asyik Bersama BUMN 2024, Pupuk Kaltim Berangkatkan 280 Pemudik

Sehingga, pelayanan Pupuk Kaltim maupun Pupuk Indonesia Grup dapat terus ditingkatkan dengan kinerja terbaik.

Dari hal tersebut, Wisnu optimistis, ketahanan pangan dapat terus terjaga seiring komitmen pelayanan terbaik dalam memenuhi kebutuhan pupuk di tiap wilayah distribusi perusahaan.

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan sinergi dengan distributor, tentunya dengan pelayanan yang juga jauh lebih baik ke depannya," kata Wisnu.

Salah satu distributor yang tahun ini mendapatkan reward, yakni Agus Purwanto, dari CV Tunas Sawit Sejahtera.

Agus menyampaikan apresiasi, atas penghargaan yang diberikan Pupuk Kaltim dan menilai hal ini menjadi motivasi baginya bersama distributor lain untuk terus meningkatkan kinerja dalam mendorong produktivitas penjualan produk ritel hingga konsumen.

Menurutnya, penghargaan seperti ini merupakan salah satu hal yang sangat dinanti para distributor, atas optimalisasi kinerja penebusan dalam satu tahun terakhir.

Seperti kunjungan ke Bontang, menjadi sarana bagi pihaknya untuk mengenal lebih dekat Pupuk Kaltim dan merasakan kedekatan tidak hanya secara bisnis.

Baca juga : IPO Pupuk Kaltim Dinanti Investor

Hubungan sinergis antara produsen bersama distributor yang selama ini terjalin dengan baik.

"Kami merasa terhormat telah diberikan apresiasi tur wisata ini, termasuk diundang ke Bontang melihat langsung proses produksi di Pupuk Kaltim. Adanya  reward ini, semakin memotivasi kami untuk meningkatkan kinerja penebusan terhadap produk-produk Pupuk Kaltim di masing-masing wilayah," tutur Agus.

Ia berharap, penghargaan seperti ini bisa terus ditingkatkan Pupuk Kaltim, agar distributor ritel semakin terpacu untuk memaksimalkan potensi penjualan dan pemenuhan target penyaluran pupuk bagi petani, guna mendorong penguatan produktivitas pertanian dan ketahanan pangan di daerah.

"Target 2024 memang lebih menantang. Namun semangat tetap kami jaga untuk mencapainya. Semoga, periode berikutnya bisa mendapat reward seperti ini lagi," pungkas Agus.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.