Dark/Light Mode

Lampaui Tahun Lalu, Inabuyer B2B2G Expo 2024 Raup Transaksi Rp 1,5 Triliun

Sabtu, 18 Mei 2024 18:08 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Hippindo, Budihardjo Iduansjah dan Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM, Hanung Harimba Rachman menutup acara Inabuyer B2B2G Expo 2024.

Selama tiga hari berlangsung, menurut Budihardjo, gelaran ini mencatatkan transaksi fantastis, yakni Rp 1,5 triliun. Angka ini melebihi ajang tahun lalu, yang mencatatkan Rp 1 triliun.

“Acara ini untuk memberikan PO kontrak MoU LOI (Letter of Intent), satukan semangat dari Kemenkop UKM konkretnya. Angkanya lebih dari tahun lalu yaitu senilai Rp 1.581.641.541.251 (Rp 1,58 triliun) dengan transaksi real yaitu Rp 71.570.944.687 (Rp 71 miliar) dengan total potensi kerja sama senilai total potensi kerja sama Rp 1.510.070.596.564 (1,51 triliun),” ungkap Budihardjo, Sabtu (18/5/2024).

Ia juga menyampaikan, pre-event di Bogor, Jawa Barat, berhasil meraih Rp 37 miliar, termasuk di Kemendikbudristek.

Tidak hanya menjual barang, tapi terjadi 600 LOI dengan lembaga vokasi untuk penyiapan tenaga kerja untuk sektor retail.

“Acara ini diharapkan bisa membuat Indonesia kuat kembali, berputar uangnya di Indonesia semua, termasuk menciptakan tenaga kerja dengan LOI vokasi tadi,” harapnya.

Untuk jumlah pengunjung, tahun ini mengalami kenaikan lebih dari 50 persen dengan jumlah 195 booth, 87 buyer dan 100 booth supplier.

“Visitor selama 3 hari sebanyak 5.460 sampai jam 4 sore ini,” ungkap Budihardjo.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Kemenkop UKM, LKPP, Smesco dan HIPPINDO, dan Spectindo selaku EO yang bekerja sama dengan kementerian dan lembaga. 

Baca juga : Hippindo Sebut Nilai Transaksi Inabuyer B2B2G Expo 2024 Capai Rp 1 Triliun

Juga Pemerintah Daerah, BUMN, perusahaan swasta dan asosiasi yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Terima kasih juga disampaikan kepada para sponsor, yakni Sarinah, Tokopedia, Rentalworks, PT Aditi, Shipper dan semua exhibitor yang mendukung.

“Sukses untuk acara ini. Tahun depan akan diadakan lagi. Tahun depan harus bisa lebih banyak lagi (transaksi) dan tentunya butuh dukungan dari semuanya. Produk buatan Indonesia yang tentunya perlu dibeli juga di Indonesia," pungkasnya.

Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah, Kementerian Koperasi dan UKM, Hanung Harimba Rachman mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya acara ini.

“Dengan rasa syukur, Alhamdulillah, antusiasme tinggi terlihat dari partisipan dalam kegiatan business matching, talkshow, serta pameran dalam rangka menjalin kemitraan dan kerja sama antara BUMN/usaha besar dengan UMKM dan koperasi,” tuturnya.

Dia juga mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Hippindo serta seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan ini, yakni BUMN, Usaha Besar, Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah atas kolaborasi yang telah terjalin.

“Dukungan dan pendampingan yang terus diberikan memberikan peluang kerjasama yang berkelanjutan bagi koperasi dan UMKM,” tandasnya.

Selain itu, Hanung mengucapkan selamat kepada para UMKM yang telah berhasil mendapatkan kontrak kerja sama pada kegiatan Inabuyer Expo tahun ini.

“Kita bisa belajar dari negara lain untuk melibatkan UMKM masuk ke rantai pasok dan meningkatkan kemitraan,” sarannya.

Baca juga : Menkop UKM: Inabuyer B2B2G Expo 2024 Perluas Pasar Produk UMKM

Dia mencontohkan, Korea's Public Procurement Service (PPS) G-UM Program. Data dari Ministry of SMEs and Startups (2024), UKM memainkan peran penting dalam perekonomian Korea, dengan mengambil 99 persen dari jumlah perusahaan, 81 persen dari total lapangan kerja, 39,3 persen dari ekspor.

Ia juga berharap Indonesia banyak belajar dari negara lain seperti Jepang. Melalui Small Medium Enterprise Agency (SMEA), Pemerintah Negeri Sakura menyediakan subsidi dan dukungan finansial untuk membantu UMKM dalam memenuhi persyaratan pengadaan pemerintah dan menghubungkan jaringan kemitraan UMKM dengan sektor publik lainnya.

"Saya optimis bahwa Inabuyer B2B2G Expo 2024 akan menjadi pendorong ekosistem kemitraan yang ideal, salah satunya dengan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, memberikan pengalaman dan transfer teknologi, dan memberikan peluang kerja sama yang berkelanjutan,” ungkapnya.

Dia juga senang acara ini dilaksanakan di SMESCO, yang akan menjadi pusat pengembangan UMKM dan kolaborasi yang kuat antara pelaku UMKM, pemerintah, komunitas, dan lembaga pendidikan.

“Saya berharap kegiatan ini dapat menjadi agenda tahunan, memperluas kemitraan UKM dalam rantai pasok, serta membangun jejaring untuk pertumbuhan bersama,” tutur Hanung.

“Semoga acara Inabuyer B2B2G Expo 2024 menjadi awal yang baik untuk memperkuat sinergi antara Pemerintah, BUMN, usaha besar, dan UMKM, menuju transformasi yang inklusif dan berkelanjutan,” tandasnya.

Pada penutupan, diumumkan para pemenang award Inabuyer B2B2G Expo 2024 Untuk Kategori Exhibitor. Berikut daftarnya:

- Exhibitor Buyer dengan Potensi Transaksi Terbesar Kategori Kementerian/Lembaga: Kementerian Keuangan.

- Exhibitor Buyer dengan Potensi Transaksi Terbesar Kategori Pemerintah Daerah: Provinsi Kalimantan Timur.

Baca juga : Tahun 2024, Laba Telkom Naik 3,1% Jadi 6,3 Triliun

- Exhibitor Buyer dengan Potensi Transaksi Terbesar Kategori BUMN: PT Berdikari

- Exhibitor Buyer dengan Potensi Kerjasama Terbanyak: Hero Supermarket Tbk

- Kategori Booth Exhibitor Terbaik Peringkat 1: Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha Dunia Industri, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

- Kategori Booth Exhibitor Terbaik Peringkat 2: Tokopedia.

- Kategori Exhibitor Terfavorit: CV. Decorus.

Hippindo juga memberikan Piagam Penghargaan Tanda Penghargaan Jasa Bakti kepada Hanung Harimba Rachman atas jasa dan kontribusinya dalam mendukung visi dan misi organisasi dalam kolaborasi dengan brand lokal dan UKM.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.