Dark/Light Mode

Bahas APBN Tahun 2025

DPR Ajukan Anggaran Sebesar Rp 9,25 Triliun

Minggu, 31 Maret 2024 07:11 WIB
Wakil Ketua BURT Dede Indra Permana
Wakil Ketua BURT Dede Indra Permana

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR mengusulkan anggaran belanja untuk mendukung kinerja dan operasional dewan tahun 2025 sebesar Rp 9,25 triliun lebih.

WAKIL Ketua BURT Dede Indra Permana menuturkan, pihaknya telah menetapkan Rencana Kerja dan Anggaran DPR tahun 2025 berdasarkan usulan anggaran. Rencana tersebut selanjutnya ditetapkan dalam Rapat Paripurna DPR, Kamis (28/3/2024).

Dede menjelaskan, Rencana Kerja dan Anggaran DPR untuk tahun 2025 ditetapkan menyusul akan dimulainya Pembahasan Pendahuluan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2025.

Adapun penetapan rencana kerja dan anggaran DPR tahun 2025 sebagai tindak lanjut ­amanat Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD.

Baca juga : Gen Z Kudu Dilibatkan Kerek Ekonomi Digital

Ini lebih dikenal dengan istilah MD3, yakni Pasal 75 Ayat 1 dan Pasal 153 huruf b serta Peraturan Tata Tertib DPR, Pasal 101 Ayat 1.

“BURT telah menerima usulan kebutuhan anggaran dari alat ­kelengkapan DPR dan Sekre­tariat Jenderal DPR,” sebut Dede.

Usulan kebutuhan ­anggaran tersebut telah dikompilasi menjadi Rancangan Usulan ­Anggaran DPR Tahun Anggaran 2025 setelah BURT melakukan pembahasan dengan Sekretariat Jenderal DPR.

Disepakati Rancangan Usulan Anggaran DPR Tahun 2025 sebesar Rp 9,25 triliun. Total kebutuhan anggaran tersebut, ­untuk kebutuhan anggaran ­Satuan Kerja Dewan sebesar Rp 6,51 triliun lebih dan Satuan Kerja Kesekjenan DPR sebesar Rp 2,74 triliun.

Baca juga : Manchester City Vs Arsenal, Misi Dua Raksasa Berburu Gelar

“Selanjutnya, sesuai ketentuan Tata Tertib Pasal 102 Ayat 3, kami berharap agar Rancangan Usulan Anggaran DPR tahun 2025 tersebut dapat disetujui dan ditetapkan dalam rapat paripurna,” katanya.

Politisi asal daerah pemilihan Jawa Tengah ini menuturkan, keputusan dalam Rapat Paripurna menjadi sangat pen­ting mengingat rapat paripurna merupakan forum tertinggi dalam melaksanakan tugas dan wewenang DPR.

“Maka sudah sepatutnya Pemerintah memberikan perhatian lebih terhadap kebutuhan anggaran DPR yang telah diputuskan dan ditetapkan rapat paripurna DPR,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya mengharapkan keterlibatan dan du­kungan dari semua pihak, khususnya pimpinan DPR dan Badan Anggaran DPR serta Komisi XI DPR untuk mengawal setiap proses pembahasan ­anggaran DPR ini.

Baca juga : Sinner Kandaskan Medvedev

Sementara, Ketua DPR Puan Maharani memastikan Rapat Paripurna DPR menyetujui ­usulan Rencana Kerja dan ­Anggaran DPR tahun 2025 yang di­sampaikan Pimpinan BURT.

“Terhadap persetujuan Rapat Paripurna Dewan atas Laporan BURT tersebut akan diproses lebih lanjut sesuai mekanisme yang berlaku,” kata Puan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.