Dark/Light Mode

Libur Long Weekend, ASDP Prediksi Volume Kendaraan Dan Penumpang Naik 3 Persen

Rabu, 22 Mei 2024 13:46 WIB
Libur Long Weekend, ASDP Prediksi Volume Kendaraan Dan Penumpang Naik 3 Persen

RM.id  Rakyat Merdeka - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengantisipasi lonjakan arus kendaraan dan penumpang pada periode libur nasional Hari Raya Waisak yang jatuh pada Kamis (23/5/2024) dan cuti bersama pada Jumat (24/5/2024).

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin mengungkapkan, hari libur dan cuti bersama Hari Raya Waisak merupakan periode libur  long weekend ketiga di bulan Mei yang akan mendorong pergerakan masyarakat untuk berlibur, termasuk yang akan menggunakan jalur darat dan penyeberangan.

"Diprediksikan naik sekitar 3 persen dibanding hari normal, kami pastikan kapasitas kapal dan pelabuhan memadai untuk melayani para pengguna jasa," ujar Shelvy dalam keterangannya, Rabu (22/5/2024).

Ia berharap, pengguna jasa dapat menyeberang di lintas Merak-Bakauheni dan lintasan lainnya dengan aman, nyaman dan selamat.

Adapun, total kapal ferry yang standby di lintas Merak-Bakauheni sebanyak 66 unit kapal.

Baca juga : Helikopter Presiden Iran Jatuh, 2 Penumpang Berhasil Dikontak

Dengan penetapan pola operasi 4 kapal per dermaga sesuai ketentuan BPTD yang mengelola jadwal operasi kapal, maka terdapat 28 unit kapal yang siap melayani per 24 jam dengan trip rata-rata mencapai total 105-112 trip per harinya.

Namun, Shelvy memprediksi tidak terjadi lonjakan signifikan. Karena, saat ini juga berlangsung ujian akhir nasional untuk sekolah menengah, sehingga mayoritas masyarakat akan melakukan perjalanan liburan saat libur anak sekolah Juni-Juli mendatang.

Jika dibandingkan periode long weekend bertepatan Hari Kenaikan Yesus Kristus dua pekan lalu, angka kenaikan masih terpantau landai dengan rata-rata jumlah produksi kendaraan di angka 6-8 ribu unit per hari.

Adapun, puncak arus berangkat jatuh pada Rabu (8/5/2024) dengan total kendaraan menyeberang sebanyak 8.610 unit.

"Prediksinya kemungkinan angka produksi kendaraan periode Hari Raya Waisak akan naik hingga 8 ribuan pada Kamis (23/5/2024), namun tidak akan meningkat jauh seperti pada saat Idul Fitri di atas 10 ribu unit," ungkapnya.

Baca juga : Volume Perdagangan RI-Australia Naik 90 Persen

Berdasarkan data posko, jumlah rata-rata kendaraan yang menyeberang pada Angkutan Lebaran 2024 disaat weekday sebanyak 11.992 per hari, sedangkan disaat weekend sebanyak 14.511 per hari.

ASDP Cabang pun memastikan jika ketersediaan fasilitas dan layanan publik di pelabuhan utama seperti di Merak, Bakauheni, Ketapang dan Gilimanuk juga memadai. Bahkan telah ditingkatkan sejak sebelum layanan Angkutan Lebaran pada April lalu.

Di Pelabuhan Merak yang relatif selalu ramai melayani masyarakat yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera, tersedia toll gate toll dan vending machine sebanyak 50 unit, CCTV 140 unit, layanan posko kesehatan sebanyak 3 lokasi, fasilitas toilet lebih dari 120 unit, dan kapasitas kapal per harinya akan mampu mengangkut hingga >39 ribu unit kendaraan kecil per harinya.

Sementara, selama periode libur dan cuti bersama Hari Raya Waisak, BMKG telah menyampaikan prediksi kondisi cuaca di wilayah Cilegon, Banten pada Kamis (23/5/2024) akan berawan hingga terjadi hujan ringan dengan kecepatan angin 10-20 km/jam.

"Kami tidak bosan mengingatkan pengguna jasa agar mewaspadai terjadinya cuaca ekstrim. Penumpang harus dapat tertib, tetap mengikuti arahan petugas kapal dan pelabuhan untuk keselamatan dan keamanan bersama.

Baca juga : Lion Parcel Catat Kenaikan Pengiriman Hingga 40 Persen Selama Ramadan

Pastikan juga, kondisi stamina Anda dan kendaraan dalam keadaan prima demi kelancaran perjalanan liburan," tuturnya. Ia menambahkan, untuk menikmati perjalanan liburan dengan kapal ferry, ASDP selalu mendorong masyarakat agar mempersiapkan perjalanan dengan matang.

ASDP telah melakukan sosialisasi massif bahwa pembelian tiket online via Ferizy (Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk) dapat dilakukan sejak 60 hari sebelum hari keberangkatan atau maksimal H-1.

Dengan melakukan reservasi perjalanan lebih awal maka perjalanan menjadi lebih terjamin, lebih aman, tidak perlu mengantre, dan pastinya lebih nyaman. 

"Pastikan juga beli tiket online secara mandiri hanya di website Ferizy di trip.ferizy.com atau aplikasi Ferizy dan mitra resmi Ferizy. Mohon kerja sama pengguna jasa, jangan membeli tiket ketika baru menuju ke pelabuhan, dan hindari membeli tiket via calo di area pelabuhan," ujar Shelvy.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.