Dark/Light Mode

BCA Salurkan KUR Lebih Dari Rp 100 Juta Ke Pelaku Usaha Kopi

Kamis, 23 Mei 2024 14:25 WIB
BCA menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) lebih dari Rp 100 juta untuk pengusaha kedai kopi. (Foto: Dok.BCA)
BCA menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) lebih dari Rp 100 juta untuk pengusaha kedai kopi. (Foto: Dok.BCA)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) lebih dari Rp 100 juta untuk pengusaha kedai kopi.

Langkah tersebut menjadi keberpihakan BCA terhadap UMKM dan mendukung perekonomian nasional.

Penyerahan KUR BCA dilakukan secara simbolis oleh Kepala Pengembangan Bisnis Wilayah IV Soeherdiyanto Budi Krisnandono kepada Debitur Lamriah Ester Febrianti di Kuta Bali, Selasa (21/5/2024).

Penyerahan tersebut dilakukan di tengah penyelenggaraan Workshop Sertifikat Halal Gratis untuk UMKM Bali.

EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F Haryn mengatakan, penyaluran KUR BCA kepada UMKM merupakan salah satu upaya kami untuk terus mendorong UMKM agar terus bersaing di pasar nasional bahkan hingga internasional.

Baca juga : SYL Pakai Uang Kementan Rp 360 Juta Untuk Beli 12 Sapi Kurban

“BCA percaya dengan memperluas akses modal kepada para pelaku usaha UMKM, dapat mendorong perkembangan sekaligus mendukung geliat UMKM yang merupakan salah satu pilar utama perekonomian nasional,” jelasnya dalam keterangan, Kamis (23/5/2024).

BCA menawarkan KUR hingga Rp 500 juta dengan suku bunga yang kompetitif, mulai dari 6 persen efektif per tahun.

Program ini juga menawarkan keuntungan lainnya seperti bebas biaya administrasi dan provisi, sehingga para pelaku UMKM mendapatkan pembiayaan dengan lebih terjangkau.

Salah satu keunggulan utama dari program KUR BCA adalah proses yang cepat dan mudah, ditambah lagi BCA bekerja sama dengan lembaga channeling, yaitu KlikA2C.

“Hal ini memungkinkan para pelaku UMKM untuk mengajukan pembiayaan dengan lebih efisien dan praktis, membantu mereka fokus pada upaya pengembangan bisnis mereka,” katanya.

Baca juga : Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran, 6,6 Juta Kendaraan Gunakan Tol Astra Infra

Sebagai informasi, per Maret 2024, portofolio pembiayaan keuangan berkelanjutan BCA mencapai Rp 197,4 triliun, tumbuh 9,1 persen secara yoy.

Capaian tersebut berkontribusi 23,5 persen terhadap total kredit disalurkan oleh BCA. Dari nominal tersebut, pembiayaan UMKM mencapai Rp 117,7 triliun.

Sementara itu, hingga April 2024, BCA telah menyalurkan KUR sebesar Rp 294,9 miliar atau 36,9 persen dari total target tahun ini.

Realisasi KUR BCA tercatat bertumbuh sebesar 75,4 persen yoy dengan sebagian besar KUR BCA disalurkan untuk sektor perdagangan.

BCA menargetkan dapat menyalurkan KUR hingga Rp 800 miliar pada tahun ini, meningkat sekitar 11 persen dari tahun sebelumnya.

Baca juga : Masa Angkutan Lebaran, 3,1 Juta Tiket KA Jarak Jauh Terjual

Tak hanya melalui dukungan pembiayaan, BCA telah aktif mendukung ekspansi industri, khususnya industri kopi di Indonesia sejak 2021 dengan mengikuti kegiatan Festival Kopi Indonesia di Rusia.

Dalam kegiatan ini BCA melibatkan pebisnis kopi UMKM lulusan program BCA UMKM Fest dan BCA Bangga Lokal dari berbagai daerah di Indonesia.

Selain itu, pada 2023 BCA juga berpartisipasi di acara Kopi Fest sebagai bagian dari Gerakan Nasional 'Bangga Buatan Indonesia' dan #Banggalokal.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.