Dark/Light Mode

Gandeng Universitas Telkom, PLN EPI Kembangkan Teknologi Blockchain Dalam P2EP

Jumat, 24 Mei 2024 21:27 WIB
Gandeng Universitas Telkom, PLN EPI Kembangkan Teknologi Blockchain Dalam P2EP

RM.id  Rakyat Merdeka - Subholding PLN Energi Primer Indonesia (EPI) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Universitas Telkom di Kampus Universitas Telkom, Bandung. pada Selasa (21/05).

Melalui kerja sama ini PLN EPI menyusun roadmap adopsi serta implementasi bertahap teknologi blockchain pada platform Pusat Pengatur Energi Primer (P2EP).

Direktur Management Human Capital dan Administrasi PLN EPI Dedeng Hidayat mengapresiasi kemajuan riset teknologi dan inovasi yang telah berkembang di kalangan kampus se Indonesia.

Dia mengungkapkan bahwa saat ini teknologi menjadi tonggak berjalannya sebuah korporasi, dan trend adopsi teknologi semakin konvergen antara dunia akademis dan dunia praktis.

Baca juga : Bertemu CEO LG CNS, Menko Airlangga Dorong Investasi Korea Selatan Pada Pembentukan Platform Teknologi Masa Depan

"Saat ini adopsi teknologi menjadi tantangan bagi tiap perusahaan dan menjadi perhatian penting bagi PLN. Kedepannya digitalisasi akan terus diupayakan oleh PLN EPI Group sesuai dengan arahan Transformasi Digital PLN," ujar Dedeng.

Dia juga mengatakan bahwa pengembangan teknologi pada P2EP merupakan hal yang tepat.

Pasalnya adopsi teknologi menjadi salah satu tantangan yang harus dilalui PLN EPI di masa mendatang.

"Adopsi teknologi, dengan digitalisasi akan bisa melihat sampai ke manajemen Perusahaan. Maka dari itu transformasi digitalisasi menjadi hal penting," ungkap Dedeng. 

Baca juga : Sinergi Pemerintah-United In Diversity Untuk Kebangkitan Ekonomi Berkelanjutan

Dia juga menerima dengan baik penandatanganan kerja sama antara PLN EPI dan Universitas Telkom.

Bagi Dedeng, kesempatan ini merupakan suatu hal yang berharga, selain menguntungkan kedua belah pihak, juga menjadi nilai tambah.

"Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih bisa terealisasikan MoU ini, baik saat ini atau jangka panjang. Saya yakin Universitas Telkom adalah universitas terbaik dalam pengembangan teknologi dan data," imbuh Dedeng.

Wakil Rektor Bidang Riset Inovasi dan Kerjasama Universitas Telkom, Rina Pudji Astuti berharap agar MoU ini dapat berlangsung bukan hanya pada satu project saja melainkan sampai seterusnya.

Baca juga : Universitas Trisakti Komit Jadi Perguruan Tinggi Swasta

"Terima kasih atas kepercayaan kepada Universitas Telkom dan kesempatan bagi kami untuk bisa berkontribusi langsung kepada PLN Energi Primer Indonesia," ujar Rina.

Untuk diketahui, teknologi Blockchain adalah teknologi yang digunakan untuk meningkatkan transparansi, keamanan, dan privacy data dalam sistem yang terdistribusi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.