Dark/Light Mode

Gandeng Fikom Unpad

Pertamina NRE Kian Gencar Gaungkan EBT Dan Transisi Energi

Rabu, 24 April 2024 19:59 WIB
PT Pertamina NRE menjalin kerja sama dengan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) untuk menggencarkan sosialisasi Energi Baru dan Terbarukan (EBT), serta transisi energi di dalam negeri. (Dok. PT Pertamina NRE)
PT Pertamina NRE menjalin kerja sama dengan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) untuk menggencarkan sosialisasi Energi Baru dan Terbarukan (EBT), serta transisi energi di dalam negeri. (Dok. PT Pertamina NRE)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE)  menjalin kerja sama strategis dengan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad).

Sekretaris Perusahaan Pertamina NRE Dicky Septriadi mengatakan, kerja sama ini dilakukan untuk menggencarkan sosialisasi Energi Baru dan Terbarukan (EBT), serta transisi energi di dalam negeri.

Kerja sama ini ditandai dengan ditandatanganinya perjanjian kerja sama oleh Dekan Fikom Unpad Dadang Rahmat Hidayat dan Sekretaris Perusahaan Pertamina NRE Dicky Septriadi di Auditorium Pasca Sarjana Fikom Unpad, Bandung, Senin (22/4/2024).

Dicky menyebut, perjanjian kerja sama ini bertujuan untuk mengintegrasikan keahlian dan sumber daya dari kedua belah pihak untuk menciptakan program komunikasi strategis yang efektif dan komprehensif, serta mudah dipahami bagi kalangan mahasiswa dan masyarakat secara umum.

Selain itu, kerja sama ini juga bertujuan agar program transisi energi mudah dipahami bagi kalangan mahasiswa dan masyarakat secara umum.

Baca juga : Gandeng Komunitas Mini 4WD, Bank DKI Dorong Transaksi Non Tunai

Program kerja sama ini mencakup berbagai kegiatan, antara lain perumusan kurikulum Komunikasi Strategis Energi Baru Terbarukan, rangkaian seminar, workshop, pengembangan materi edukasi, dan interaksi langsung dengan area operasi.

Dicky menyebut, pihaknya sebagai bagian dari Grup Pertamina berkomitmen untuk menjadi motor penggerak dalam mendukung transisi energi nasional.

"Kerja sama dengan Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad akan memperkuat upaya kami dalam menyebarkan informasi yang kredibel, menarik dan mudah dipahami dalam rangka mengedukasi masyarakat tentang energi baru dan terbarukan," ungkapnya, dikutip dari keterangan pers, Rabu (24/4/2024).

Seiring dengan kegiatan penandatanganan kerja sama tersebut, Dicky juga didaulat sebagai narasumber dalam Kuliah Umum yang dihadiri oleh Manajemen dan Mahasiswa/I Fikom Unpad.

Dicky membawakan materi bertajuk “Strategi Komunikasi dalam Pengembangan Energi Baru Terbarukan “.

Baca juga : Gandeng Garuda, Passion Jewelry Tawarkan Layanan Luxury Experience

Dicky juga menyampaikan bahwa Pertamina NRE percaya generasi muda Indonesia tidak hanya menjadi pewaris bumi Pertiwi, melainkan juga memiliki peran dan pengaruh yang besar dalam meneruskan tongkat estafet transisi energi di Indonesia.

"Untuk itu generasi muda harus memiliki pengetahuan yang baik tentang transisi energi dan memiliki semangat untuk berkontribusi demi masa depan energi yang berkelanjutan," katanya.

Selain itu lanjut Dicky, kolaborasi Dengan Fikom Unpad ini juga akan melakukan kegiatan kampanye publik melalui media massa dan platform digital dengan mengusung topik-topik transisi energi.

Hal tersebut bertujuan untuk membiasakan masyarakat bisa berdiskusi perihal transisi energi dalam perbincangan sehari-hari.

Dadang Rahmat Hidayat mengungkapkan, kerja sama ini menjadi langkah penting dalam mendukung transisi energi di Indonesia.

Baca juga : Garuda Operasikan 2 Penerbangan Kemanusian Ke Sudan Dan Palestina

"Melalui pendekatan komunikasi yang efektif, kami berharap dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dalam hal ini mahasiswa tentang pentingnya transisi energi untuk masa depan yang berkelanjutan," tutur Dadang.

Dengan begitu, kerja sama antara Fikom Unpad dan Pertamina NRE tersebut diharapkan dapat menumbuhkan semangat praktisi dan peneliti untuk terus mengoptimalkan kolaborasi antara perguruan tinggi dan industri dalam mendukung transisi energi di Indonesia serta mendukung pencapaian Net Zero Emission 2060.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.